No image available for this title

Text

Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka di SMA Labschool Jakarta/ Firlyda Risqi



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang 1) Penerapan model Project
Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka, 2) Tingkat efektivitas
penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran sejarah dan 3) Kendala
yang dihadapi guru dalam Penerapan model Project Based Learning dalam Pembelajaran
Sejarah Kurikulum Merdeka.
Penelitian ini dilakukan di SMA Labschool Jakarta. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan dengan rancangan studi kasus dengan teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Guru dan peserta didik sebagai informan
penelitian dengan menggunakan teknis analisis data meliputi kondensasi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dalam penerapan model Project Based
Learning pada pembelajaran sejarah Kurikulum Merdeka peserta didik merasa antusias dan
dapat membangkitkan jiwa kreativitas mereka dalam belajar di sekolah. Guru yang sudah
menerapkan pembelajaran sejarah berbasis proyek dapat membangkitkan siswa untuk
memahami peristiwa sejarah jadi hal yang menarik dan tidak membosankan, karena siswa
beraktivitas membuat proyek sejarah yang dapat memberikan manfaat selain dapat belajar
merekontruksi peristiwa sejarah, para siswa juga dapat menghasilakan proyek
pembelajaran sejarah yang berguna bagi masyarakat sekitar. Respon siswa terhadap
penerapan pembelajaran sejarah berbasis proyek, siswa merasa nyaman dan menyukai
model pembelajaran tersebut, siswa kelas X membuat proyek hasil peninggalan kerajaan
Hindu Buddha, siswa kelas XI membuat proyek video kronologi detik-detik Proklamasi
Kemerdekaan RI, dalam hal ini proses pembuatan proyek sudah diarahkan dan dijelaskan
oleh guru diawal materi pembelajaran. (2) Tingkat efektivitas penerapan pembelajaran
sejarah berbasis proyek cukup siginifikan, para siswa merasa pembelajaran berbasis proyek
menjadi menarik karena para siswa merasa tertantang untuk menghasilkan proyek sejarah
yang bagus dan bermanfaat buat masyarakat, hal ini membangkitkan daya persaingan
mereka, dan juga telah menumbuhkan ketertarikan siswa untuk belajar sejarah dan mampu
membangun imajinasi serta menumbuhkan literasi sejarah siswa. (3) Dalam penerapan
pembelajaran sejarah berbasis proyek terdapat kendala yang dirasakan oleh guru yaitu
memerlukan banyak waktu dalam melaksanakan pembelajaran berbasis proyek.
Kata Kunci : Project Based Learning, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran
Sejarah


Availability

T0979PS/ts T0979Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PS/ts T0979
Publisher Prodi Magister Pendidikan Sejarah Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 227 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PS/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this