No image available for this title

Text

Pengaruh Metode Pembelajaran Tari dan Jenis Kelamin terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun: Eksperimen



Seni sangat penting dalam kehidupan manusia, khususnya untuk
perkembangan anak usia dini. Fungsi seni dalam bidang pendidikan untuk
mengembangkan perkembangan anak usia dini baik secara fisik maupun
mental. Metode pembelajaran yang baik adalah metode yang
menyenangkan dan sesuai dengan tingkat kebutuhan anak. Rasa percaya
diri pada anak merupakan bagian penting dalam pendidikan dasar,
khususnya pendidikan usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh metode pembelajaran tari dan jenis kelamin terhadap
kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilakukan pada anak
kelompok B usia 5-6 tahun di Tk Kemala Bhayangkari 14 Tebing Tinggi
Kabupaten Empat Provinsi Sumatera Selatan dengan melibatkan 39 anak.
Metode dalam penelitian ini metode eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data
menggunakan berupa observasi, skala penilaian, wawancara dan
dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa pembelajaran tari dan
jenis kelamin berpengaruh terhadap kepercayaan diri. Serta, terlihat dari
data uji coba lapangan pada anak mendapatkan nilai signifikansi < 0,05.
Artinya pemberian pembelajaran tari dan memperhatikan faktor jenis
kelamin yang dimiliki anak dapat membantu tercapaianya keberhasilan
tersebut.
Kata Kunci: Pembelajaran tari; jenis kelamin; kepercayaan diri.


Availability

T0974PAUD/ts T0974Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T0974
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Universitas Negeri Jakarta.,
Collation
xvii, 133+...hlm:ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this