Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Metode Pembelajaran Tari dan Jenis Kelamin terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun: Eksperimen
Seni sangat penting dalam kehidupan manusia, khususnya untuk
perkembangan anak usia dini. Fungsi seni dalam bidang pendidikan untuk
mengembangkan perkembangan anak usia dini baik secara fisik maupun
mental. Metode pembelajaran yang baik adalah metode yang
menyenangkan dan sesuai dengan tingkat kebutuhan anak. Rasa percaya
diri pada anak merupakan bagian penting dalam pendidikan dasar,
khususnya pendidikan usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh metode pembelajaran tari dan jenis kelamin terhadap
kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilakukan pada anak
kelompok B usia 5-6 tahun di Tk Kemala Bhayangkari 14 Tebing Tinggi
Kabupaten Empat Provinsi Sumatera Selatan dengan melibatkan 39 anak.
Metode dalam penelitian ini metode eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data
menggunakan berupa observasi, skala penilaian, wawancara dan
dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa pembelajaran tari dan
jenis kelamin berpengaruh terhadap kepercayaan diri. Serta, terlihat dari
data uji coba lapangan pada anak mendapatkan nilai signifikansi < 0,05.
Artinya pemberian pembelajaran tari dan memperhatikan faktor jenis
kelamin yang dimiliki anak dapat membantu tercapaianya keberhasilan
tersebut.
Kata Kunci: Pembelajaran tari; jenis kelamin; kepercayaan diri.
Availability
T0974 | PAUD/ts T0974 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PAUD/ts T0974
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Universitas Negeri Jakarta., 2023 |
Collation |
xvii, 133+...hlm:ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PAUD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available