No image available for this title

Text

Model Bahan Ajar Menulis Akademik Berbasis Literasi Digital pada Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Umum (MKU): Penelitian dan pengembangan di Universitas Ibn Khaldun Bogor/ Andestend



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis akademik
berbasis literasi digital pada pembelajaran bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah
Umum (MKU). Jenis penelitian research and development (R&D) dilakukan di
Universitas Ibn Khaldun Bogor. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah
bahan ajar yang tidak sesuai kebutuhan pembelajaran menulis, kendala
menemukan ide menulis, mencari bahan bacaan, plagiat, parafrasa, kutipan, dan
penggunaan alat digital dalam menulis akademik (literasi digital). Model bahan
ajar menulis akademik berbasis literasi digital terdiri dari sembilan bagian di
antaranya teks akademik dan non-akademik, menulis laporan buku, menulis
akademik proposal, laporan, artikel, esai, mencari referensi ilmiah, sitasi,
parafrasa, dan daftar pustaka. Materi ini terintegrasi antara menulis akademik
dengan literasi digital, seperti menulis akademik laporan, proposal, dan artikel
ilmiah dimulai dengan kegiatan litereasi yaitu membaca berbagai tulisan di
Google Scholar, Web of Saince, Scopus, dan Erick secara daring. Penggunaan
aplikasi Publish or Peris dan VOS viewer untuk menentukan ide tulisan.
Penggunaan aplikasi Mendeley untuk memparafrasa, mengutip, dan daftar
pustaka. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa bahan ajar
menulis akademik berbasis literasi digital layak digunakan karena sudah
dilakukan uji pakar materi, pakar bahasa, pakar media, uji coba kelas, dan uji
efektivitas dengan nilai sig (2-tailed) 0.000 kurang dari 0.05. Dapat disimpulkan
bahwa terjadi peningkatan kemampuan setelah menggunakan bahan ajar menulis
akademik berbasis literasi digital. Temuan penelitian menunjukkan beberapa
faktor penunjang keberhasilan pembelajaran menulis akademik di antaranya 1)
bahan ajar menulis akademik berbasis literasi digital, 2) bahan ajar yang
menggunakan berbagai genre teks, 3) bahan ajar memuat cara mengakses berbagai
tulisan di internet, 4) adanya keterampilan literasi digital pada bahan ajar, seperti
mencari bahan bacaan, mencari ide tulisan dengan aplikasi Publish or Peris dan
VOS viewer, menganalisis dan mengevaluasi teks yang sesuai dengan kebutuhan,
membagikan karya tulis di media sosial, 5) menggunakan aplikasi Mendeley
untuk mengutip, membuat daftar pustaka, dan menghindari plagiat. Temuan
penelitian mengarahkan pada rekomendasi bahwa bahan ajar menulis akademik
sebaiknya menggunakan genre teks dan literasi digital, seperti cara mengakses
berbagai teks dari internet, kemampuan menganalisis berbagai genre teks,
membuat ide dari hasil bacaan, membuat karya tulis, dan kecakapan membagikan
karya tulis.
Kata kunci: menulis, teks akademik, literasi digital, R&


Availability

D1108LT/ds D1108Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D1108
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Universitas Negeri Jakarta.,
Collation
xv,286 hlm. :ilus ;29.5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this