No image available for this title

Text

Pengembangan Blended Learning dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Mata Kuliah Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan di Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta/ Ahmad Zulfa Musyaffa Madjid



Pengembangan Blended Learning untuk Mata Kuliah Orientasi Baru Dalam
Psikologi Pendidikan di Program Studi Magister Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Jakarta. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas
Negeri Jakarta, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan blended learning
berdasarkan model Integrative Learning Design Framework dengan pendekatan
Contextual Teaching Learning melalui tiga tahapan yakni eksplorasi, penyusunan,
serta evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Magister Teknologi
Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, dengan responden yakni ahli desain
pembelajaran 1 orang, ahli media 1 orang, ahli materi 1 orang, responden pada
tahap one-to-one 4 orang, dan responden pada tahap small group berjumlah 8
orang.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan
yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap eksplorasi: melakukan eksplorasi
mengenai informasi-informasi yang dapat dijadikan rujukan untuk pengembangan
desain pembelajaran blended; (2) tahap penyusunan: melakukan penyusunan
terhadap produk yang dikembangkan, merujuk pada hasil dalam tahap eksplorasi
berupa desain pembelajaran blended, prototype media pembelajaran serta
penyusunan keseluruhan program blended learning; dan (3) tahap evaluasi:
melakukan uji coba atau evaluasi untuk mengetahui hasil pengembangan yang
telah dilakukan.
Hasil ujicoba produk pengembangan pada tahap expert review ahli desain
pembelajaran menunjukkan kategori baik dengan persentase 87.9%, hasil expert
review media menunjukkan hasil yang baik dengan persentase 84,75%, hasil
expert review materi menunjukkan hasil yang baik dengan persentase 87,9%, hasil
ujicoba one-to-one menunjukkan hasil dengan kategori “sangat baik” yang
ditunjukkan dengan rata-rata produk hasil ujicoba sebesar 4,39, dan hasil ujicoba
Small Group menunjukkan hasil dengan kategori “sangat baik” yang ditunjukkan
dengan rata-rata produk hasil ujicoba sebesar 4,38. Dan hasil Pretest dan post-test
menunjukan hasil 58,3%.
Implikasi hasil penelitian ini adalah secara umum produk yang dihasilkan
dapat menjadi suatu intervensi untuk memfasilitasi belajar melalui rancangan
pembelajaran dengan format blended. Berdasarkan keterbatasan yang ada di
pembelajaran sebelumnya yang masih menerapkan format tatap muka secara
penuh, pembelajaran blended ini menawarkan solusi untuk memecahkan
keterbatasan tersebut melalui penyediaan materi pembelajaran secara daring agar
mahasiswa dapat belajar secara efektif.
Kata Kunci: Blended Learning, Integrative Learning Design Framework,
Contextual Teaching Learning, Teknologi Pendidikan


Availability

T0982TP/ts T0982Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T0982
Publisher Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Universitas Negeri Jakarta.,
Collation
x, 172+...hlm :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this