No image available for this title

Text

Pengembangan Bahan Ajar IPA Digital Berbasis STEM-PjBL Terintegrasi Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas produk BAJARDI (bahan ajar IPA digital) berbasis STEM (Science Technology, Engineering, and Mathematics) PjBL (Project Based Learning) terintegrasi kearifan lokal terhadap literasi sains peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey yang terdiri dari 10 langkah. Analisis kebutuhan dikumpulkan dari 76 peserta didik kelas IV dan 100 guru Sekolah Dasar. Kelayakan bahan ajar divalidasi 19 validator. Uji one to one dilaksanakan pada 10 peserta didik yang berasal dari 6 Sekolah Dasar. Uji coba dilakukan dengan desain preeksperimen pada kelas IV SDN 34 Pontianak Selatan dengan jumlah sampel 33 peserta didik, dan eksperimen semu pada dua kelas (kontrol-eksperimen) dengan pretest-posttest control group design di SDN 71 Pontianak Barat dengan jumlah sampel kelas kontrol 28 dan kelas eksperimen 30 peserta didik. Diseminasi produk skala nasional yang dilaksanakan secara daring dan dihadiri oleh 219 guru seluruh Indonesia. Kelayakan BAJARDI sebesar 4.73 dengan PoA 92.95% untuk aspek isi/materi, 4.70 dengan PoA 92.50% untuk aspek bahasa, 4.78 dengan PoA 94.02% untuk aspek penyajian, dan 4.73 dengan PoA 92.56% untuk aspek kegrafikaan. Semua aspek ini menunjukkan bahwa BAJARDI berada pada kategori sangat layak. Uji one to one menunjukkan persentase keterbacaan sebesar 99.37% dengan kategori sangat terbaca. Uji empiris instrumen soal literasi sains menunjukkan bahwa instrumen valid dan reliabel. Tingkat kesukaran dari sangat mudah hingga sukar, sedangkan daya pembeda 5 item berada pada kategori cukup, 4 item berada pada kategori baik dan 1 item pada kategori baik sekali. Analisis prasyarat terpenuhi untuk uji normalitas > 0.05 dan uji homogenitas sebesar 0.27 > 0.05. Hasil analisis data literasi sains pada uji coba terbatas menunjukkan bahwa penggunaan BAJARDI dapat meningkatkan literasi sains dengan N-gain 0.34 pada kategori sedang. Pada uji coba lapangan menunjukkan bahwa N-Gain kelas kontrol 0.03 berada pada kategori rendah, sedangkan untuk kelas eksperimen N-Gain sebesar 0.37 berada pada kategori sedang. Hasil uji efektivitas menggunakan uji independent sample t-test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan BAJARDI STEM-PjBL terintegrasi kearifan lokal dengan kelas yang tidak menggunakan BAJARDI. Berdasarkan data ini dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak dan efektif meningkatkan literasi sains peserta didik sekolah dasar.


Availability

2023020512ricPD/sin RIC 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable but not for loan - Repair

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin RIC 2023
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
30 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this