No image available for this title

Text

Hubungan Motivasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMAN 78 Jakarta/ Ardian Rafi



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara motivasi dan
kemandirian belajar terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 78 Jakarta. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas XI SMA Negeri 78 Jakarta berjumlah 395 peserta didik. Teknik
sampling yang digunakan adalah proportional stratified random sampling dengan
sampel sejumlah 198 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
dengan menggunakan kuisoner dengan jumlah 40 item pertanyaan. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi
dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sejarah dimana hasil dari nilai p value
0,00 (< 0,05), maka dapat disimpulkan terdapat hubungan signifikan antara tingkat
motivasi dan kemandirian belajar. Selain itu, juga didapatkan data bahwa di diantara
kedua variabel bebas tersebut variabel kemandirian belajar yang paling signifikan
terhadap hasil belajar sejarah dengan nilai p value 0,02 (< 0,05).
Kata Kunci : Motivasi, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Sejarah


Availability

T0987PS/ts T0987Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PS/ts T0987
Publisher Prodi Magister Pendidikan Sejarah Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
ix, 60+...hlm;ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PS/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this