Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Game Berorientasi Budaya Lokal Papua untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar/ SIRJON

No image available for this title
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran IPA berbasis game berorientasi budaya lokal Papua untuk siswa kelas IV sekolah dasar yang layak dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian R & D (Research and Development) yang mengkolaborasikan 3 model pengembangan yaitu langkah pertama model Borg & Gall, model Dick & Carey, dan model Lee & Owen. Hasil evaluasi formatif menunjukkan penilaian ahli materi pada aspek berorientasi pada tujuan, kejelasan pembelajaran (clarity of instruction), dan kelayakan (feasibility) masing-masing sebesar 4,17 dengan kesimpulan sangat baik; rata-rata penilaian ahli desain instruksional pada aspek berorientasi pada tujuan sebesar 4, kejelasan pembelajaran (clarity of instruction) sebesar 3,69, dan kelayakan (feasibility) sebesar 3,5, sehingga secara keseluruhan rata-rata penilaian ahli desain instruksional sebesar 3,73 dengan kategori sangat baik; selanjutnya rata-rata penilaian ahli media pada aspek tampilan (display) sebesar 4,33, kualitas (teks, suara, musik, gambar & animasi) sebesar 4,06, navigasi sebesar 4, kekuatan produk sebesar (robustness) 3,5, dan mekanisme user dengan sistem/produk (interface) sebesar 3,91, sehingga secara keseluruhan rata-rata penilaian ahli media sebesar 3,96 dengan kategori sangat baik; evaluasi one-to-one dengan peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 3.05 dengan kesimpulan baik, evaluasi small group memperoleh rata- rata 3.43 dengan kesimpulan sangat baik, serta evaluasi field trial memperoleh nilai rata-rata 3.61 dengan kesimpulan sangat baik, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran IPA berbasis game berorientasi budaya lokal Papua untuk siswa kelas IV sekolah dasar layak untuk digunakan. Uji efektivitas pengembangan model pembelajaran IPA berbasis game berorientasi budaya lokal Papua untuk siswa kelas IV sekolah dasar dilakukan melalui Uji-t. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai t-hitung 0,000 < t-tabel 1,761. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti hasil belajar IPA pada data posttest lebih tinggi daripada hasil pretest. Nilai rata-rata pretest sebesar 45,66 dan posttest sebesar 78,66, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas IV sekolah dasar sebesar 33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran IPA berbasis game berorientasi budaya lokal Papua efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV sekolah dasar pada kompetensi dasar 3.7
Availability
D1140TP/ds D1140Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/ds D1140

Publisher

Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,

Collation

xi, 268 hlm. :ilus ;29,5 cm

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

TP/ds

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.