Record Detail
Advanced SearchText
Pengambangan Game Edukatif Berbasis Web untuk Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas X/ Badryatusyahryah
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media game edukatif berbasis web
beserta dengan buku panduan penggunaan untuk mata pelajaran fisika SMA Kelas
X untuk materi gerak lurus yang dinamakan Gamphy Learning, di mana nama
tersebut diambil dari kata "Game" dan "Physics" dalam Bahasa Inggris. Media ini
berbasis website yang dapat diakses melalui tautan bit.ly/GamphyLearning, di
mana didalam media ini terdapat tantangan dalam bentuk latihan soal dan setiap
melewati tantangan tersebut akan naik ke level selanjutnya, bertujuan untuk
mengasah kemampuan matematis siswa dalam pembelajaran fisika khususnya
materi gerak lurus. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah model pengembangan SAM 1 yang diawali dengan melakukan analisis
kebutuhan (Evaluate) melalui observasi dan wawancara, kemudian mendesain
(Design) media yang akan dikembangkan, mengembangkan (Develop) media
sehingga menghasilkan produk Gamphy Learning, dan terakhir adalah (Evaluate)
melakukan expert review dengan ahli materi, ahli media, dan ahli desain
pembelajaran serta melakukan uji efektivitas kepada peserta didik terhadap media
yang dikembangkan. Hasil expert review pada ahli media menunjukkan persentase
skor 80,00% atau kategori sangat baik dengan skor tertinggi pada aspek tata letak
media dan kekontrasan warna teks dengan background. Penilaian ahli materi
mendapatkan persentase skor 76,36% atau kategori baik dengan skor tertinggi pada
aspek kejelasan uraian materi dan kesesuaian contoh. Penilaian ahli desain
pembelajaran mendapatkan persentase skor 78,66% atau kategori baik dengan skor
tertinggi pada aspek kejelasan pendahuluan, kesesuaian media dan keruntutan
materi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media Gamphy Learning layak untuk
digunakan. Kemudian media diujicobakan kepada peserta didik kelas X di SMA
Muhammadiyah 18 Jakarta, yaitu melalui uji coba one to one dengan persetase skor
sebesar 83,6%, uji kelompok kecil dengan skor 89 dan uji lapangan atau uji
efektivitas didapatkan 73% peningkatan hasil belajar peserta didik sehingga dapat
dikatakan media pembelajaran Gamphy Learning cukup efektif dalam
meningkatkan hasil belajar fisika kelas X SMA.
Kata kunci: Game Edukatif, Gerak Lurus, Pembelajaran Fisika, SAM
Availability
T0999 | TP/ts T0999 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/ts T0999
|
Publisher | Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Universitas Negeri Jakarta., 2023 |
Collation |
xiv, 225 hlm. ;ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available