No image available for this title

Text

Pengaruh Daya Tahan, Kelincahan dan Koordinasi Mata Tangan Kaki Terhadap Belajar Gerak Berirama dalam Pendidikan Jasmani: Studi kausalitas pada siswa SMPN 1 Napabalano/ Rosniawati



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara daya
tahan, kelincahan, dan koordinasi mata tangan kaki terhadap hasil belajar gerak
berirama dalam pendidikan jasmani di SMPN 1 Napabalano. Metode penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel seluruh siswa kelas VIII SMPN
1 Napabalano yang berjumlah 116 siswa. Untuk mengukur daya tahan menggunakan
bleep test, kelincahan diukur menggunakan shuttle run test, koordinasi mata tangan
kaki menggunakan tes lempar tangkap dan tendang bola terhadap sasaran dan hasil
belajar gerak berirama menggunakan tes senam. Teknik analisis data menggunakan
analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengaruh langsung Variabel
X1 terhadap X3 (X1→X3) = 0,193. Jadi pengaruh daya tahan (X1) secara langsung
mempengaruhi koordinasi mata tangan kaki (X3) sebesar 19.3%. 2) Pengaruh langsung
variabel X2 terhadap X3 (X1→X3) = 0,329. Jadi pengaruh kelincahan (X2) secara
langsung mempengaruhi koordinasi mata tangan kaki (X3) sebesar 32.9%. 3) Pengaruh
langsung variabel X1 terhadap Y (X1→Y) = 0.181. Jadi pengaruh daya tahan (X1)
secara langsung mempengaruhi hasil belajar gerak berirama sebesar 18.1 %. 4)
Pengaruh langsung variabel X2 terhadap Y (X2→Y) = 0,249. Jadi pengaruh kelincahan
(X2) secara langsung mempengaruhi hasil belajar belajar gerak berirama sebesar
24.9%. 5) Pengaruh langsung variabel X3 terhadap Y (X3→Y) = 0,387. Jadi pengaruh
koordinasi mata tangan kaki (X3) secara langsung mempengaruhi hasil belajar gerak
berirama (Y) sebesar 38.7%. 6) Pengaruh tidak langsung variabel X1 terhadap Y
melalui X3 (X1→X3→Y) = (0.193 x -0.387) + 0.181 = 0.107. Jadi pengaruh daya taha
(X1) secara tidak langsung melalui koordinasi mata tangan kaki (X3) mempengaruhi
hasil belajar gerak berirama (Y) sebesar 10.7%. 7) Pengaruh tidak langsung variabel
X2 terhadap (Y) melalui X3 (X2→X3→Y) = (0.329 x -387) + 0.249 = 0.122. Jadi
pengaruh kelincahan (X2) secara tidak langsung melalui koordinasi mata tangan kaki
(X3) mempengaruhi hasil belajar gerak berirama (Y) sebesar 12.2 %.
Kata Kunci: Daya Tahan, Kelincahan, Koordinasi Mata Tangan Kaki, Hasil Belajar
Gerak Berirama


Availability

T1007PENJAS/ts T1007Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/ts T1007
Publisher Prodi Magister Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiii, 140 hlm :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this