No image available for this title

Text

Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Pelatihan, Komunitas Praktik Virtual dan it Self Efficacy terhadap Kompetensi Digital Guru di Sekolah Dasar Negeri DKI Jakarta/ NINING PARLINA



Perkembangan dan kemajuan teknologi yang pesat memengaruhi segala sektor,
termasuk sektor pendidikan. Hal ini menimbulkan tuntutan baru bagi tenaga
pendidik untuk menguasai keterampilan dasar pada abad 21, yakni penggunaan
teknologi digital guna meningkatkan efektivitas pembelajaran. Walaupun begitu,
penguasaan kemampuan tersebut memerlukan transformasi pengetahuan.
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi
kompetensi digital dengan pendekatan teori kepemimpinan transformasional,
pelatihan, komunitas praktik virtual, dan IT self efficacy. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui
kuisioner online berskala Likert 5 point, dan teknik analisis data dengan Structural
Equation Modelling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil
bahwa dari 7 hipotesis yang dibangun hanya 2 hipotesis yang diterima yakni
pelatihan dan komunitas praktik virtual yang berpengaruh signifikan terhadap
kompetensi digital guru. Sedangkan hipotesis lainnya ditolak, artinya tidak
memiliki pengaruh yang signifikan baik secara langsung maupun yang dimediasi.
Uniknya, khusus variabel pelatihan menunjukkan memiliki pengaruh namun
arahnya negatif. Rekomendasi yang diberikan dari penelitian ini adalah strategi
peningkatan kompetensi digital guru dengan 1) memberikan penguatan terhadap
komunitas praktik virtual, 2) memberikan penguatan terhadap pelatihan digital
yang efektif, 3) memadukan kepemimpinan transformasional dengan
kepemimpinan digital.
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Pelatihan, Komunitas Praktik
Virtual, IT Self Efficacy, dan Kompetensi Digital Guru


Availability

D1158MP/ts D1158Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ds D1158
Publisher Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvii, 385 hlm :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this