No image available for this title

Text

Model Gerak Dasar Lokomotor dengan Keseimbangan untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 1 / Bonggo Pribadi



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dalam proses
pelaksanaan pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan keseimbangan,
menciptakan dan mempraktikkan proses pembelajaran dengan model gerak dasar
lokomotor dengan keseimbangan bagi anak Sekolah Dasar kelas I mendapatkan
data empiris tentang efektivitas dan efesiensi serta ketertarikan anak dari proses
pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan keseimbangan bagi anak Sekolah
Dasar kelas I dan menciptakan buku model pembelajaran untuk guru sebagai
pedoman pengajaran gerak dasar lokomotor dengan keseimbangan anak sekolah
dasar. Hal ini akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi sekaligus meningkatkan
motivasi anak untuk belajar gerak dasar lokomotor dengan keseimbangan.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semanan 14 Petang Jakarta Barat, dengan 32
anak sebagai objek penelitiannya. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan pembelajaran ADDIE, dimana dalam model ini dimulai pada
tahapan Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Dari
hasil yang didapatkan, model pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan
keseimbangan ini ternyata sangat efektif untuk diterapkan di pembelajaran Dari
hasil yang diperoleh, model pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan
keseimbangan ini ternyata sangat efektif jika diterapkan dalam pembelajaran. Hal
ini dapat dilihat dari peningkatan pre-test dan post-test dengan menggunakan uji
sampel berpasangan pada SPSS 25.0 T-Test. Perbedaan signifikansi pada T-hitung
ditunjukkan sebagai -98.097 df = 31, p-value = 0.001 < 0.05 ; Dengan hal
tersebut, terlihat adanya peningkatan yang signifikan pada hasil penilaian
keterampilan anak di SDN Semanan 14 Petang Kelas I.
Kata Kunci: Model Belajar, Gerak Dasar Lokomotor Dengan Keseimbangan,
Anak Sekolah Dasar Kelas 1


Availability

T1022PENJAS/ts T1022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/ts T1022
Publisher Prodi Magister Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
viii, 136 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this