No image available for this title

Text

Pengembangan Model Belajar Keterampilan Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Berbasis Bermain pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar: menggunakan media teknologi augmented reality/ ARIFKA FADIL MUHAMMAD



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model belajar keterampilan gerak dasar lompat jauh berbasis bermain dan mengetahui keefektifan model belajar yang telah dikembangkan. Permasalahan yang menjadi dasar tersendiri untuk melakukan penelitian ini adalah beberapa literatur belum menemukan model belajar keterampilan lompat jauh di kelas IV pada jenjang sekolah dasar, khususnya kelas IV berdasarkan bermain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Borg and Gall melalui tahapan 10 langkah pengembangan. Peserta yang terlibat dalam uji kelompok kecil sebanyak 60 siswa dari 2 sekolah dan dalam uji kelompok besar 100 peserta didik. Kemudian peserta yang terlibat pada uji efektifitas model sebanyak 104 peserta didik yang dibagi menjadi 2 yaitu 52 peserta didik pada kelompok kontrol dan 52 peserta didik pada kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain Score (%) menunjukkan bahwa nilai rata-rata Skor N-Gain Score kelompok eksperimen adalah 76,56 atau 76,56% termasuk dalam kategori efektif. Sedangkan rata-rata N-Gain Score untuk kelompok kontrol sebesar 34,88 atau 34,88% termasuk dalam kategori Tidak efektif. Dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan model belajar pada kelompok eksperimen adalah efektif untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar lompat jauh. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama penelitian, yaitu: 1) Lebih baik guru memberikan instruksi langsung kepada siswa, dan memberikan contoh gerakan agar tidak terjadi kesalahan; 2) memperhatikan keterampilan awal peserta didik; 3) Model belajar gerak tersebut dapat diterapkan dari yang mudah hingga yang sulit atau yang memiliki kelebihan yang lebih baik, sehingga peserta didik harus lebih banyak berlatih sesuai dengan rencana program belajar gerak.


Availability

D1164PENJAS/ds D1164Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/ds D1164
Publisher Prodi Magister Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
ix,245 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this