No image available for this title

Text

Pengembangan Media Game Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kabupaten Lebak Banten/ Syarifatul 'Ulya



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir pada anak usia dini, karena pemahaman kesiapsiagaan bencana bagi anak usia dini di Indonesia masih sangat rendah. Kurangnya pemberian pengetahuan kesiapsiagaan bencana khususnya bencana banjir pada anak disebabkan oleh praktik pembelajaran yang kurang efektif, karena guru belum menggunakan media pembelajaran yang beragam. Maka penelitian ini merancang produk aplikasi game edukasi berbasis komputer yaitu media pembelajaran yang menampilkan simulasi kesiapsiagaan bencana banjir. Penelitian dilakukan untuk mendesain media pembelajaran untuk pemahaman kesiapsiagaan bencana banjir pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan desain model ADDIE (Analize, Design, Development, Implementation, Evaluate). Teknik pengumpulan data berupa validasi ahli (Ahli PAUD, Media, Bahasa, dan Kesiapsiagaan Bencana) dan data uji coba lapangan. Penelitian dilakukan di TK Kelompok B wilayah Kabupaten Lebak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan edukasi SIGANA Banjir layak digunakan untuk memberikan pemahaman kesiapsiagaan bencana banjir pada anak.


Availability

T1011PAUD/ts T1011Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T1011
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 177 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this