Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial dan Kecerdasan Adversitas Siswa terhadap Kreativitas Videografi di SMK Wilayah Jakarta Timur dan Bekasi/ Ayu Nurul Amalia
Fenomena perkembangan media sosial memunculkan para Youtuber, Selebgram, Tiktoker dan lain-lain. Mereka memiliki tim yang membuat konten video. Untuk menghasilkan video yang baik, inovatif, dan menarik diperlukan kreativitas videografi. Kreativitas videografi dapat dipengaruhi oleh beberapa variabel, Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, dan kecerdasan ddversitas terhadap kreativitas videografi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Wilayah Jakarta Timur dan Kota Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK program keahlian teknik penyiaran televisi dan multimedia (DKV) yang berada di wilayah Jakarta Timur dan Kota Bekasi yang berjumlah 384 siswa. Sampel diambil secara acak sebanyak 242 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, adversitas dan kreativitas videografi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan emosional berpengaruh langsung terhadap kecedasan sosial; 2) Kecerdasan emosional berpengaruh langsung terhadap kecerdasan adversitas; 3) Kecerdasan sosial berpengaruh langsung terhadap kecerdasan adversitas; 4) Kecerdasan emosional berpengaruh tidak langsung terhadap kecerdasan adversitas melalui kecerdasan sosial; 5) Kecerdasan emosional berpengaruh langsung terhadap kreativitas videografi; 6) Kecerdasan sosial tidak lagi berpengaruh langsung terhadap kreativitas videografi apabila pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas sudah diperhitungkan; 7) Kecerdasan adversitas berpengaruh langsung terhadap kreativitas videografi; 8) Kecerdasan emosional berpengaruh tidak langsung terhadap kreativitas videografi melalui kecerdasan adversitas; 9) kecerdasan sosial berpengaruh langsung terhadap kreativitas videografi melalui kecerdasan adversitas. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial, Kecerdasan Adversitas, Kreativitas videografi
Availability
D1168 | PEP/ds D1168 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PEP/ds D1168
|
Publisher | Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2023 |
Collation |
xii, 245 hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PEP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available