No image available for this title

Text

Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Permainan Edukasi Interaktif "PEBI" untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa kelas II Sekolah Dasar di Kabupaten Serang/ Imas Mastoah



Penelitian ini bertujaun untuk menghasilkan dan mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia
berbasis permainan edukasi interaktif yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar pendamping dan
sekaligus menjadi media pembelajaran anak kelas II sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan
pada tahun 2022 dengan populasi siswa kelas II Sekolah Dasar di Kabupaten Serang Provinsi
Banten yang dipilih secara simple random sampling. Penelitian ini terintegrasi dengan model
Research and Development model Dick and Carey. Berdasarkan hasil validasi para ahli baik ahli
media, ahli materi dan ahli bahasa menunjukan bahwa bahan ajar berbasis permainan bahasa
Indonesia ini valid untuk digunakan. Temuan hasil penelitian ini berupa (1) menghasilkan bahan
ajar berbasis permainan edukasi interaktif yang layak menurut analisis para ahli dan praktisi yang
dapat digunakan untuk keterampilan membaca permulaan di kelas II sekolah dasar dengan
masing-masing nilai rata-rata 89,8% ahli media, 97% ahli materi, dan 93% ahli bahasa (2)
Kelayakan yang tersebut meliputi beberapa aspek isi, bahasa, dan media. (3) Bahan ajar permaian
edukasi interaktif praktis dan efektif digunakan sebagai media untuk pembelajaran bahasa
Indonesia. Pada tahap evaluasi uji one to one memperoleh rata-rata 4,6, kelompok kecil
mendaptkan nilai rata-rata 4,8, dan uji lapangan mendaptkan rata-rata 4,8 dengan kategori sangat
baik. Adapun hasil uji efektivitas dengan melibatkan kurang lebih 80 siswa menggunakan
pretes-postest menunjukan bahwa bahan ajar bahasa Indonesia efektif dan praktis terhadap
keterampilan membaca permulaan siswa kelas II sekolah dasar. Teknik analisis data yang
digunakan adalah Uji N-Gain Score dan Independent Sample t-Test. dengan demikian
berdasarkan temuan hasil dari proses penelitian dan pengembangan tersebut mengarah pada
rekomendasi untuk menggunakan bahan ajar permainan sebagai alternatif atau pilihan untuk
meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar
kelas II dan hasil pengembangan ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh guru atau yang lainnya
Kata kunci: bahan ajar, permainan edukasi interaktif, membaca permulaan


Availability

2023020580imaPD/sin IMA 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin MA 2023
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
30 hlm. :ilus ;21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this