No image available for this title

Text

Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Berbasis Daring pada SD Cirebon Islamic School Kota Cirebon



Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan bahan ajar dalam
peningkatan hasil belajar siswa melalui pengembangan bahan ajar berbasis daring pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAdB) di Sekolah Dasar (SD). Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and development (RnD). Dalam metode
RnD, proses yang digunakan untuk mengembangkan sebuah penelitian dan memvalidasi
produk penelitian yang dikembangkan terdiri dari beberapa tahap penelitian, yaitu
mempelajari temuan penelitian, mengembangkan produk, melakukan pengujian, dan
meninjau ulang untuk memperbaiki kekurangan yang ditemukan dalam tahap pengujian.
Hasil penelitian dalam disertasi ini terkait inovasi bahan ajar dalam peningkatan hasil belajar
siswa melalui pengembangan bahan ajar berbasis daring pada mata pelajaran PAdB di
Sekolah Dasar. Hasil penelitian terkait pengembangan bahan ajar berbasis daring ini
diketahui; 1) siswa terlibat secara langsung dalam variasi dan inovasi bahan ajar berbasis
daring pada mata pelajaran PAdB di Sekolah Dasar sehingga memberikan pengalaman
menarik bagi siswa, 2) sangat mudah dalam mengakses bahan ajar berbasis media berbasis
daring, 3) mudah dalam memahami dan mengkaji produk bahan ajar berbasis daring, 4)
memberikan kesempatan belajar bagi siswa melalui prinsip kolaboratif dan pengembangan
bahan ajar berbasis daring pada Mata Pelajaran PAdB di Sekolah Dasar. Kesimpulan dalam
penelitian ini adalah media daring dapat memberikan rangsangan positif terhadap potensi
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAdB di Sekolah Dasar. Pengembangan
bahan ajar daring memenuhi penilaian dan kriteria efektif dengan menunjukan hasil rerata
aktivitas siswa dalam pembelajaran yakni 3,00 yang berarti kelayakan pengembangan bahan
ajar berbasis daring pada mata pelajaran PAdB terkategorikan baik dan menunjukkan respon
positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan nilai rerata 4,33 yang dikategorikan
setuju, serta pencapaian kompetensi belajar siswa dari kelas ujicoba diperoleh rerata 82,30
yang terbukti hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian, pengembangan
bahan ajar daring pada mata pelajaran PAdB telah berhasil diimplementasikan.
Kata Kunci: Bahan Ajar, PAdB, Media Daring


Availability

2023020654aguPD/sin AGU 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin AGU 2023
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
19 hlm. :ilus ;21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this