No image available for this title

Text

Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas 4 Berbasis Daring pada SD Cirebon Islamic School Kota Cirebon/ AGUS DIAN ALIRAHMAN



Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan bahan ajar dalam
peningkatan hasil belajar siswa melalui pengembangan bahan ajar berbasis daring
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAdB) di Sekolah
Dasar (SD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and
development (RnD). Dalam metode RnD, proses yang digunakan untuk
mengembangkan sebuah penelitian dan memvalidasi produk penelitian yang
dikembangkan terdiri dari beberapa tahap penelitian, yaitu mempelajari temuan
penelitian, mengembangkan produk, melakukan pengujian, dan meninjau ulang
untuk memperbaiki kekurangan yang ditemukan dalam tahap pengujian. Hasil
penelitian dalam disertasi ini terkait inovasi bahan ajar dalam peningkatan hasil
belajar siswa melalui pengembangan bahan ajar berbasis daring pada mata
pelajaran PAdB di Sekolah Dasar. Hasil penelitian terkait pengembangan bahan
ajar berbasis daring ini diketahui; 1) siswa terlibat secara langsung dalam variasi
dan inovasi bahan ajar berbasis daring pada mata pelajaran PAdB di Sekolah Dasar
sehingga memberikan pengalaman menarik bagi siswa, 2) sangat mudah dalam
mengakses bahan ajar berbasis media berbasis daring, 3) mudah dalam memahami
dan mengkaji produk bahan ajar berbasis daring, 4) memberikan kesempatan
belajar bagi siswa melalui prinsip kolaboratif dan pengembangan bahan ajar
berbasis daring pada Mata Pelajaran PAdB di Sekolah Dasar. Kesimpulan dalam
penelitian ini adalah media daring dapat memberikan rangsangan positif terhadap
potensi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAdB di Sekolah
Dasar. Pengembangan bahan ajar daring memenuhi penilaian dan kriteria efektif
dengan menunjukan hasil rerata aktivitas siswa dalam pembelajaran yakni 3,00
yang berarti kelayakan pengembangan bahan ajar berbasis daring pada mata
pelajaran PAdB terkategorikan baik dan menunjukkan respon positif terhadap
pelaksanaan pembelajaran dengan nilai rerata 4,33 yang dikategorikan setuju, serta
pencapaian kompetensi belajar siswa dari kelas uji coba diperoleh rerata 82,30 yang
terbukti hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian,
pengembangan bahan ajar daring pada mata pelajaran PAdB telah berhasil
diimplementasikan.
Kata Kunci: Bahan Ajar, PAdB, Media Daring


Availability

D1172PD/ds D1172Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D1172
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 199 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this