No image available for this title

Text

Model Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Atas/ AGNES SUKASNI



Pendidikan karakter adalah pembentukan lingkungan sekolah yang membantu siswa mengembangkan nilai-nilai etika dan perilaku yang bertanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan model manajemen Pendidikan karakter di sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara pararel. Pada penelitian ini jumlah sampel yang diberikan angket sebanyak 230 orang yang terdiri dari 36 guru dan 194 siswa sedangkan pada tahap FGD jumlah sampel yang teribat sebanyak 139 orang yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 58 orang komiter sekolah, 30 guru dan 50 siswa. Jenis penelitian dilakukan kualitatif dan kuantitatif yang parallel dengan teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode analytical hierarchy process dan analisis hasil FGD. Data analisis kuantitatif menggunakan Microsoft excel dan data kualitatif dianalisis dengan metode reduksi data hingga penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini SMA Negeri 20 Jakarta perlu memanajemen pembentukan karakter siswa dengan urutan prioritas yaitu pembelajaran di kelas, budaya sekolah dan keterlibatan masyarakat. Urutan prioritas kriteria dalam Pendidikan karakter di Sekolah Menengah yaitu pembelajaran dikelas, budaya sekolah dan keterlibatan masyarakat. Urutan prioritas alternatif yaitu pada urutan prioritas pertama adalah pembelajaran yang menyenangkan, urutan prioritas kedua adalah persiapan pembelajaran, urutan prioritas ketiga partisipasi masyarakat, urutan keempat adalah kolaborasi guru dan staff administrasi sekolah, urutan kelima proses pembelajaran, urutan keenam adalah profesionalisme guru, urutan prioritas ketujuh adalah proses belajar mengajar yang efektif, urutan prioritas kedelapan adalah profesionalisme administrasi, urutan prioritas kesembilan adalah manajemen sekolah dan urutan prioritas kesepuluh adalah evaluasi pembelajaran. Para kepala sekolah sebaiknya melaksanakan manajemen sumber daya manusia melalui program Pendidikan karakter profil pelajar Pancasila secara konsisten dan berkesinambungan. Pendidikan profil pelajar Pancasila berdasarkan kurikulum merdeka yang adaptif, konsisten dan berkesinambungan. Kata Kunci: Budaya Sekolah, Keterlibatan Masyarakat, Pembelajaran Di Kelas, Pendidikan Karakter Character education is the establishment of a school environment that helps students develop ethical values and responsible behavior


Availability

D1074IM/ds D1074Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
IM/ds D1074
Publisher Prodi Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xx, 239 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
IM/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this