No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Mengenal Warna Berbasis Bahan Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Tisa Islamic School Bekasi /Marham



Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran mengenal warna berbasis
bahan alam untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di taman kanak-kanak
Tisa Islamic School. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan
dengan model pengembangan Dick and Carey. Model Dick and Carey, terdiri dari tiga
tahapan yaitu design, development, dan evaluation. Pada tahap design dam development
dihasilkan model pembelajaran yang dilengkapi dengan bahan pembelajaran dan panduan
bagi Guru dan Anak Usia Dini. Pada tahap evaluation, dibagi menjadi tiga tahap, one-to-one
evaluation by experts dan leaners; small group evaluation, dan field trial. Hasil uji kelayakan
terhadap model pembelajaran mengenal warna berbasis bahan alam oleh ahli materi, ahli
desain instructional, dan ahli media dipeoleh rata-rata 84,44%, selanjutnya dilakukan one-toone evaluation by leaners kepada tiga orang Anak Usia Dini diperoleh berkembang sesuai
harapan, artinya bahwa kualitas uji coba pada rentang ini berada pada kategori layak. Hasil
Small group evaluation kepada tujuh orang Anak Usia Dini diperoleh 69,84% berkembang
sangat baik, 20,64% berkembang sesuai harapan, dan 9,52% mulai berkembang
meggambarkan bahwa model pembelajaran layak untuk dilakukan uji coba utama atau uji
coba lapangan. Hasil field trial atau uji keefektifan model pembelajaran kepada 30 orang
Anak Usia Dini diperoleh sebesar 67% berkembang sangat baik, dan 33% berkembang sesuai
harapan, artinyas setelah dilakukan intervesi anak meningkatkan kognitifnya maka model
pembelajaran efektif dalam meningkatkan kognitif anak usia dini rentang 5-6 tahun.
Simpulan bahwa hasil produk pengembangan ini adalah bahan ajar dan panduan mengenal
warna berbasis bahan alam dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini 5-6
tahun. Model Pembelajaran Mengenal Warna Berbasis Bahan Alam telah dilakukan secara
benar mengikuti metode, prosedural, prinsip, dan pengembangan yang berpedoman dari
analisis kebutuhan, perencanaan, desain, evaluasi, dan uji coba. Hasil uji coba lapangan
menemukan fakta, bahwa model pemebelajaran mengenal warna berbasis bahan alam dapat
menciptakan pembelajaran yang layak dan efektif memotivasi anak-anak dalam
pembelajaran.
Keywords: Pengembangan Model, Dick and Carey, Bahan Alam, Kognitif, Anak Usia Din


Availability

2023020724marPAUD/sin MAR 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJCurrently On Loan (Due on2024-09-23)

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/sin MAR 2023
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
37 hlm. :ilus ;21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this