No image available for this title

Text

Bahan Ajar Membaca Puisi Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Penelitian pengembangan di Universitas Kuningan/ Arip Hidayat



Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar membaca puisi bagi mahasiswa Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Uniku untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi
mahasiswa. Pengembangan ini dilakukan karena rendahnya kemampuan membaca puisi pada
mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Kuningan. Penyebab
rendahnya kemampuan membaca puisi karena kurangnya bahan ajar yang kontekstual. Penelitian
pengembangan ini dilakukan di Universitas Kuningan Jawa Barat, yaitu di Program Studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Model Jolly dan Bolitho yang terdiri dari tahap identifikasi kebutuhan, eksplorasi kebutuhan,
realisasi kontekstual, realisasi pedagosis, produksi fisik, uji coba, dan evaluasi produk. Berdasarkan
survey pendahuluan, observasi, wawancara, angket, dan studi literatur, maka dikembangkan bahan
ajar membaca puisi yang terdiri dari 5 bab. Bab 1 berisi materi apresiasi puisi, bab 2 berisi materi
membaca puisi, bab 3 berisi materi persiapan membaca puisi, bab 4 berisi materi latihan dasar
membaca puisi, bab 5 berisi materi penilaian membaca puisi. Hal yang membedakan bahan ajar
membaca puisi yang dikembangkan dengan bahan ajar membaca puisi sebelumnya adalah bahwa
bahan ajar yang dikembangkan ini mengacu pada hal yang kontekstual seperti pemilihan puisi yang
sesuai dengan karakteristik lingkungan, isi didasarkan pada wawancara narasumber/ahli, detail bahan
ajar dari persiapan sampai penilaian, serta dilengkapi video. Berdasarkan uji kelayakan baik teoretis
maupun empiris, bahan ajar ini dinyatakan layak. Untuk uji teoretis ada 4 pakar yang memberikan
penilaian yakni pakar bahan ajar, pakar apresiasi puisi, pakar pendekatan kontekstual, serta pakar
bahasa. Sementara itu, uji empiris terdiri dari uji one to one, uji kelompok kecil, dan uji kelompok
besar. Berdasarkan uji efektivitas, bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan
efektif untuk diimplementasikan.
Kata kunci: bahan ajar, pendekatan kontekstual, membaca puisi, mahasiswa


Availability

2023020845ariLT/sin ARI 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/sin ARI 2023
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
55 hlm. :ilus ;21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this