No image available for this title

Text

Bahan Ajar Membaca Puisi Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Penelitian pengembangan di Universitas Kuningan/ ARIP HIDAYAT



Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar membaca puisi bagi mahasiswa
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Uniku untuk meningkatkan kemampuan
membaca puisi mahasiswa. Pengembangan ini dilakukan karena rendahnya kemampuan
membaca puisi pada mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas
Kuningan. Penyebab rendahnya kemampuan membaca puisi karena kurangnya bahan ajar
yang kontekstual. Penelitian pengembangan ini dilakukan di Universitas Kuningan Jawa
Barat, yaitu di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Model
Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Jolly dan Bolitho yang
terdiri dari tahap identifikasi kebutuhan, eksplorasi kebutuhan, realisasi kontekstual,
realisasi pedagosis, produksi fisik, uji coba, dan evaluasi produk. Berdasarkan survey
pendahuluan, observasi, wawancara, angket, dan studi literatur, maka dikembangkan bahan
ajar membaca puisi yang terdiri dari 5 bab. Bab 1 berisi materi apresiasi puisi, bab 2 berisi
materi membaca puisi, bab 3 berisi materi persiapan membaca puisi, bab 4 berisi materi
latihan dasar membaca puisi, bab 5 berisi materi penilaian membaca puisi. Hal yang
membedakan bahan ajar membaca puisi yang dikembangkan dengan bahan ajar membaca
puisi sebelumnya adalah bahwa bahan ajar yang dikembangkan ini mengacu pada hal yang
kontekstual seperti pemilihan puisi yang sesuai dengan karakteristik lingkungan, isi
didasarkan pada wawancara narasumber/ahli, detail bahan ajar dari persiapan sampai
penilaian, serta dilengkapi video. Berdasarkan uji kelayakan baik teoretis maupun empiris,
bahan ajar ini dinyatakan layak. Untuk uji teoretis ada 4 pakar yang memberikan penilaian
yakni pakar bahan ajar, pakar apresiasi puisi, pakar pendekatan kontekstual, serta pakar
bahasa. Sementara itu, uji empiris terdiri dari uji one to one, uji kelompok kecil, dan uji
kelompok besar. Berdasarkan uji efektivitas, bahan ajar yang dikembangkan dalam
penelitian ini dinyatakan efektif untuk diimplementasikan.
Kata kunci: bahan ajar, pendekatan kontekstual, membaca puisi, mahasiswa


Availability

D1187LT/ds D1187Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D1187
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvii, 681 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this