No image available for this title

Text

Model Materi Ajar Membaca Interpretatif Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Interaktif: Peneltiian pengembangan di program studi Tadris Bahasa Inggris UIN Mataram/ Titik Agustina



Ketersediaan materi ajar membaca interpretatif yang belum merepresentasikan
kebutuhan mahasiswa disinyalir sebagai rendahnya kemampuan pemahaman
interpretatif mahasiswa di Program Studi Tadrsi Bahasa Inggris UIN Mataram.
Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan materi ajar membaca
interpretatif berbasis pendekatan interaktif. Desain penelitian yang digunakan
adalah desain penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang
diadopsi untuk mengembangkan model materi ajar ini adalah model
pengembangan materi ajar Jolly & Bolitho yang terdiri atas tujuh langkah
pengembangan yaitu (1) identifikasi kebutuhan, (2) eksplorasi kebutuhan, (3)
realisasi kontekstual materi ajar, (4) realisasi pedagogis materi ajar, (5) produksi
fisik materi ajar, (6) penggunaan materi oleh peserta didik, dan (7) evaluasi
materi. Lingkup materi dan indikator capaian ditentukan menggunakan tiga
patokan atau kerangka kerja: Pertama, CEFR yaitu untuk menentukan indikator
capaian berdasarkan tingkat kecakapan bahasa Inggris mahasiswa, yaitu pada
level menengah (intermediate). Kedua, Taksonomi Barrett untuk menentukan
fokus dan cakupan membaca interpretatif khususnya pada level interpretatif yang
terdiri atas kemampuan menarik inferensi (1) informasi detail (2) ide pokok, (3)
urutan proses/kejadian, (4) perbandingan, (5) hubungan sebab-akibat, (6) sifat
karakter, (7) luaran, dan (8) bahasa figuratif. Ketiga, Taksonomi Bloom untuk
melihat kemampuan membaca interpretatif mahasiswa dalam bentuk penyelesaian
tugas pemahaman atau aktivitas pembelajaran yang dilalui. Model ajar memuat
aktivitas yang memfasilitasi mahasiswa berinteraksi dengan teks dan dengan
sesama mahasiswa. Model materi ajar telah diuji secara teoretis dan empiris. Uji
teoretis dilakukan melalui uji validasi ahli yang menyimpulkan bahwa model
materi ajar dinyatakan layak dalam aspek bahasa, materi ajar, strategi, dan desain
grafis. Uji empiris dilakukan melalui uji one-to-one, uji kelompok kecil dan uji
kelompok. Berdsarkan hasil uji eksperimen, model materi ajar dinyatakan efektif.
Dengan dmikian, materi ajar dapat diterapkan sebagai salah satu rujukan
pembelajaran membaca interpretatif.
Kata kunci: model materi ajar, membaca interpretatif, pendekatan interaktif


Availability

D1186LT/ds D1186Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D1186
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiii, 310+...hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this