Record Detail
Advanced SearchText
Model Materi Ajar Membaca Interpretatif Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Interaktif: Peneltiian pengembangan di program studi Tadris Bahasa Inggris UIN Mataram/ TTITIK AGUSTINA
Ketersediaan materi ajar membaca interpretatif yang belum merepresentasikan
kebutuhan mahasiswa disinyalir sebagai rendahnya kemampuan pemahaman
interpretatif mahasiswa di Program Studi Tadrsi Bahasa Inggris UIN Mataram.
Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan materi ajar membaca
interpretatif berbasis pendekatan interaktif. Desain penelitian yang digunakan
adalah desain penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang
diadopsi untuk mengembangkan model materi ajar ini adalah model
pengembangan materi ajar Jolly & Bolitho yang terdiri atas tujuh langkah
pengembangan yaitu (1) identifikasi kebutuhan, (2) eksplorasi kebutuhan, (3)
realisasi kontekstual materi ajar, (4) realisasi pedagogis materi ajar, (5) produksi
fisik materi ajar, (6) penggunaan materi oleh peserta didik, dan (7) evaluasi
materi. Lingkup materi dan indikator capaian ditentukan menggunakan tiga
patokan atau kerangka kerja: Pertama, CEFR yaitu untuk menentukan indikator
capaian berdasarkan tingkat kecakapan bahasa Inggris mahasiswa, yaitu pada
level menengah (intermediate). Kedua, Taksonomi Barrett untuk menentukan
fokus dan cakupan membaca interpretatif khususnya pada level interpretatif yang
terdiri atas kemampuan menarik inferensi (1) informasi detail (2) ide pokok, (3)
urutan proses/kejadian, (4) perbandingan, (5) hubungan sebab-akibat, (6) sifat
karakter, (7) luaran, dan (8) bahasa figuratif. Ketiga, Taksonomi Bloom untuk
melihat kemampuan membaca interpretatif mahasiswa dalam bentuk penyelesaian
tugas pemahaman atau aktivitas pembelajaran yang dilalui. Model ajar memuat
aktivitas yang memfasilitasi mahasiswa berinteraksi dengan teks dan dengan
sesama mahasiswa. Model materi ajar telah diuji secara teoretis dan empiris. Uji
teoretis dilakukan melalui uji validasi ahli yang menyimpulkan bahwa model
materi ajar dinyatakan layak dalam aspek bahasa, materi ajar, strategi, dan desain
grafis. Uji empiris dilakukan melalui uji one-to-one, uji kelompok kecil dan uji
kelompok. Berdsarkan hasil uji eksperimen, model materi ajar dinyatakan efektif.
Dengan dmikian, materi ajar dapat diterapkan sebagai salah satu rujukan
pembelajaran membaca interpretatif.
Kata kunci: model materi ajar, membaca interpretatif, pendekatan interaktif
Availability
D1186 | LT/ds D1186 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
LT/ds D1186
|
Publisher | Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2023 |
Collation |
xiii, 310+...hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
LT/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cet. 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available