Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry- Based Flipped Classroom Berbantuan Modul Digital pada Mata Kuliash Geometri dan Pengukuran
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah melalui
pengembangan model pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian
pengembangan ini menerapkan Model Dick and Carey sebagai panduan untuk
mengembangkan model pembelajaran inquiry-based flipped classroom
berbantuan modul digital. Modul tersebut kemudian dievaluasi validitas,
kepraktisan, dan keefektifannya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Para
ahli menilai kevalidan modul digital berbasis inquiry-based flipped classroom
sangat baik, dengan nilai rata-rata 4,5 dari ahli materi, 4,75 dari ahli
Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry-Based Flipped Classroom Berbantuan
Modul Digital Pada Mata Kuliah Geometri dan Pengukuran
2 | Sinopsis – Disertasi S3 Pendidikan Dasar
pembelajaran, 4,91 dari ahli bahasa, 4,7 dari ahli media, dan 4,72 dari semua
validator ahli. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa model pembelajaran
ini efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika
mahasiswa. Secara spesifik, nilai rata-rata n-gain sebesar 0,70 menunjukkan
bahwa peningkatan kemampuan mahasiswa termasuk dalam kategori tinggi, dan
nilai Cohen's d sebesar 0,5 menunjukkan bahwa tingkat pengaruh model
pembelajaran ini termasuk dalam kategori sedang. Selain itu, mahasiswa juga
memberikan umpan balik yang sangat baik terhadap kepraktisan model ini,
dengan nilai rata-rata 4,29 untuk aspek kegunaan, 4,14 untuk aspek kemudahan,
dan 4,27 untuk aspek kepuasan. Hasil ini menunjukkan bahwa model
pembelajaran inquiry-based flipped classroom berbantuan modul digital sangat
direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran geometri dan
pengukuran. Model ini dapat menjadi alternatif yang efektif untuk
meningkatkan hasil belajar dan kemampuan mahasiswa dalam pemecahan
masalah matematika.
Kata kunci: inquiry-based flipped classroom, modul digital, pemecahan
masalah matematika, model pembelajaran geometri dan pengukuran.
Availability
2023020831des | PD/sin DES 2023 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/sin DES 2023
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2023 |
Collation |
35 cm :lus ;21,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available