Record Detail
Advanced SearchText
Difusi Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Atas (SMA)
Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran pelaksanaan pembelajaran Sejarah
Nasional Indonesia, mengembangkan model konseptual, model prosedural, dan model
fisikal bahan pembelajaran hybrid learning berbasis virtual museum. Pada muara
pembelajaran diharapkan muncul kemampuan retensi yang menghasilkan pengetahuan
dan sikap nasionalisme. Model prosedural VIRAL (Virtual Reality Learning) mengadopsi
Model Borg and Gall Edisi 4, Borg and Gall Edisi 8, Roblyer and Doering dan Rowntree.
Peneliti mengembangkan websitevirtualmuseumindonesia.com untuk online learning.
Sementara untuk pembelajaran tatap muka digunakan bahan pembelajaran cetak.
Aplikasi virtual reality menggunakan softwareUnity3D. Uji teoretis dilakukan oleh pakar
dan uji empiris dilakukan secara one to one, small group dan field test. Hasil uji empiris
berupa pretest-posttest dan pengukuran sikap melalui kuesioner. Hasil pre test-post test
yang dihitung melalui statistik deskriptif dan gain score menunjukkan peningkatan hasil
belajar yang signifikan. Hasil kuesioner sikap nasionalisme mahasiswa dikategorikan
baik. Hal ini berarti bahan pembelajaran ini efektif digunakan pada Mata Kuliah Sejarah
Nasional VI.
Kata Kunci: Bahan Pembelajaran, Hybrid Learning, Virtual Museum, Sejarah Nasional
Indonesia
Availability
2023020850sya | TP/sin SYA 2023 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/sin SYA 2023
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2023 |
Collation |
51 hlm. :ilus ;20,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available