No image available for this title

Text

Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani (PKBN2K) dalam Pembelajaran Sejarah di SMK BPK Penabur Bogor/ Nirjuniman Lafau



Persoalan mengenai karakter merupakan salah satu permasalahan yang selalu menjadi
fokus perhatian setiap satuan pendidikan termasuk di SMA BPK PENABUR BOGOR. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana proses implementasi Pendidikan
Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani (PKBN2K) dalam proses pembelajaran sejarah di SMA
BPK PENABUR BOGOR. Selain itu, penelitian ini juga menguraikan tentang strategi guru sejarah
dalam membentuk lulusan yang berkarakter profil BEST, serta juga menjelaskan kendala-kendala
yang dialami oleh guru sejarah dalam mengimplementasikan PKBN2K dalam pembelajaran
sejarah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian
dilakukan di dua unit sekolah yaitu SMA BPK PENABUR BOGOR (Paledang) dan SMA Nasional
Plus BPK PENABUR BOGOR (Sentul). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumen. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan
sistem triangulasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Adapun
penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran Sejarah Peminatan kelas 11 IPS, dan melibatkan guru
sejarah dan peserta didik.
Adapun hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) implementasi PKBN2K dalam
pembelajaran sejarah melalui tiga tahapan utama yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan
tahap evaluasi; 2) strategi guru sejarah dalam membentuk lulusan dengan karakter profil BEST di
SMA BPK PENABUR BOGOR antara lain melalui keteladanan guru sejarah, pembelajaran
sejarah kontekstual, pendekatan humanis dalam pembelajaran sejarah, dan konsistensi guru sejarah
sebagai pendidik; dan 3) adapun kendala-kendala yang dialami guru sejarah dalam
mengimplementasikan PKBN2K dalam pembelajaran sejarah antara lain berkaitan dengan beban
mengajar, materi ajar yang membludak, perbedaan persepsi antara guru dan peserta didik, dan
peserta didik yang kurang kooperatif.
Kata Kunci: pendidikan karakter, pkbn2k, nilai-nilai kristiani, pembelajaran sejarah


Availability

T1038PS/ts T1038Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PS/ts T1038
Publisher Prodi Magister Pendidikan Sejarah Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 188 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PS/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this