Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Matematik untuk Anak Usia Dini Berbasis E-Modul/ ENENG SRI SUSILAWATI
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model pembelajaran mata kuliah
matematika untuk anak usia dini berbasis E-Modul. Metodologi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah`penelitian dan pengembangan (R and D) dari Borg and
Gall yang dikolaborasikan dengan Step of System Approach Model of Educational
Research and Development Dick and Carey dan model pengembangan Rowntree.
Dalam penelitian ini telah dilakukan evaluasi formatif. Evaluasi dengan para pakar
(materi, desain instruksional, media dan bahasa), diperoleh nilai rata-rata 4.5,
dengan kesimpulan model pembelajaran mata kuliah matematika untuk anak usia
dini berbasis E-Modul layak digunakan. Evaluasi one-to-one dengan 3 orang
mahasiswa mendapat skor nilai rata-rata 4.57 dengan kesimpulan model
pembelajaran berbasis E-Modul sangat baik, evaluasi small group dengan 9 orang
mahasiswa menghasilkan nilai rata-rata 4.53 dengan kesimpulan model
pembelajaran mata kuliah matematika untuk anak usia dini berbasis E-modul sangat
baik, dan evaluasi field trial (uji coba lapangan) dengan 20 orang mahasiswa
dihasilkan nilai rata-rata 4.51, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mata
kuliah matematika untuk anak usia dini berbasis E-Modul sangat baik. hasil uji
efektivitas terhadap model pembelajaran mata kuliah matematika untuk anak usia
dini berbasis E-Modul dilakukan kepada mahasiswa dengan pre-test dan post test,
sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran mata kuliah matematika
untuk anak usia dini berbasis E-Modul, hasilnya terdapat kenaikan 18%. Dari hasil
nilai rata-rata pre-test sebesar 69.25, dan hasil nilai rata-rata post-test sebesar 87.25.
Efektivitas model pembelajaran mata kuliah matematika untuk anak usia dini
berbasis E-Modul, berhasil meningkatkan hasil belajar mata kuliah matematika
untuk anak usia dini, dengan perolehan nilai dimana thitung≥ttabel (6,28≥0,701) model
pembelajaran mata kuliah matematika untuk anak usia dini berbasis E-Modul
terbukti efektif.
Kata kunci : Model pembelajaran, matematika untuk anak usia dini, E-Modu
Availability
D1181 | TP/ds D1181 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/ds D1181
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2023 |
Collation |
xx, 285 hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available