No image available for this title

Text

Peningkatan Kecerdasan Moral Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Tematik



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan moral siswa Sekolah Dasar melalui pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (Action research) dengan model penelitian Kemmis dan McTaggart. Metode penelitian tindakan ini merupakan metode penelitian yang menekankan pada praktek sosial yang bertujuan kearah peningkatan suatu proses pembelajaran diikuti oleh penemuan yang sistematis, memiliki proses reflektif, bersifat partisipatif, dan ditentukan oleh pelaksana. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, adapun subjek penelitian adalah siswa kelas tiga Sekolah Dasar Negeri 3 Kaliawi dan MI Al Khairiyah Bandar Lampung, dengan jumlah keseluruhan 43 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, serta instrument yang diberikan untuk mengukur kecerdasan moral siswa. Analisis data kualitatif digunakan dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitiaan berlangsung dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan moral siswa sekolah dasar melalui pembelajaran tematik yaitu terlihat pada pra siklus dengan skor keseluruhan dari 43 siswa yaitu 34,09, di siklus I diperoleh skor 47,68. Kemudian pada siklus II berada pada kategori mulai meningkat, lalu meningkat sesuai harapan dengan skor 64,95 dan pada siklus III menjadi skor 88,66, ini menunjukkan ada peningkatan yang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan moral siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Kaliawi dan MI Al Khairiyah Bandar Lampung meningkat melalui proses penerapan pembelajaran tematik.


Availability

2023020913chaTP/sin CHA 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/sin CHA 2023
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
32 hlm. :ilus ;21,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this