No image available for this title

Text

Model bahan Ajar Berbicara Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Mahasiswa PGSD: Penelitian pengembangan di PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang/DAYU RETNO PUSPITA



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model bahan ajar berbicara bahasa Inggris dengan pendekatan kontekstual yang secara khusus didesain untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa di Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang untuk dapat mengajarkan bahasa Inggris pada siswa SD secara lisan dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar. Desain penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang dipakai adalah adaptasi model Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Sementara analisis data menggunakan deskriptif dan uji-t. Hasil uji kelayakan dan uji efektifitas menunjukkan bahwa bahan ajar berbicara bahasa Inggris berbasis pendekatan kontekstual untuk mahasiswa PGSD dinyatakan baik. Penelitian ini didasarkan pada lima aktifitas pembelajaran dengan pendekatan kontekstual sebagai berikut: 1) Warming up, adalah fase pengenalan tema. Pada fase ini, mahasiswa diberikan gambaran umum tentang apa yang akan dipelajari dengan pendekatan kontekstual yang diberikan adalah constructivism dan questioning; 2) Let’s focus, pada tahap ini dosen memberikan mahasiswa penjelasan singkat tentang topik yang akan dipelajari denagn pendekatan kontekstual yang diberikan adalah inquiry.; 3) Let’s speak, pada tahap ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk berlatih membaca dialog berpasangan dengan pendekatan kontekstual yang diberikan adalah modelling; 4) Let’s cooperate, tahap ini adalah tahap kerjasama. Tahap ini terdiri dari membuat dialog sederhana secara berpasangan berdasarkan situasi yang diberikan, dan berlatih melakukan dialog di depan kelas, pendekatan kontekstual yang diberikan adalah learning community dan authentic assessment; 5) Let’s share, pada tahap ini dosen mengajak mahasiswa untuk mereview dan berbagi apa yang telah mereka pelajari di kelas dengan pendekatan kontekstual yang diberikan adalah reflection. Dengan demikian, bahan ajar ini dapat digunakan di Program Studi PGSD pada institusi lainnya.


Availability

D1199LT/ds D1199Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D1199
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
ix, 820 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this