No image available for this title

Text

Model pembelajaran Membaca Teks Berbahasa Jepang Berbasis Case-Based Teaching Method dan Flipped Classroom: Penelitian & pengembangan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA/ RITA AGUSTINA KARNAWATI



Pada tingkat pendidikan tinggi, dibutuhkan sebuah kemampuan pemahaman membaca yang terampil. Berdasarkan observasi prapenelitian dengan dilakukan wawancara dan literature review diketahui bahwa kemampuan pemahaman membaca teks berbahasa Jepang mahasiswa masih perlu ditingkatkan. Maka, penelitian ini difokuskan pada pengembangan prototipe model pembelajaran membaca teks berbahasa jepang berbasis case-based teaching method dan flipped classroom, yang menghasilkan protitope baru, yang dikhususkan untuk pembelajaran membaca teks berbahasa Jepang guna membangun kompetensi membaca pemahaman mahasiswa. Langkah pengembangan prototipe model pembelajaran membaca teks berbahasa Jepang berbasis case-based teaching method dan flipped classroom dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pre class, during class, dan post class. Penelitian ini adalah penelitian mix method, data kuantitatif diperoleh dari score penilaian pakar, angket dan hasil tes sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi, wawancara, proses pengembangan model pembelajaran, penilaian pakar dan angket. Penelitian pengembangan ini dengan menggunakan model pengembangan ILDF (Integrated Learning Design Framework) dan dilaksanakan dari bulan Januari 2022 hingga desember 2022. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Sampel penelitian sebanyak 34 mahasiswa. Hasil kualitatif yang terdiri dari hasil validasi penilaian pakar, wawancara, observasi, dan angket terbuka dan hasil ujicoba kemudian dilakukan revisi, maka model pembelajaran ini layak untuk digunakan dan diterapkan di dalam perkuliahan. Hasil kuantitatif yang terdiri dari skor penilaian pakar, hasilangket, uji efektivitas, menunjukkan bahwa rerata (rata-rata) kelas ekperimen (Kelas B) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (Kelas A) yaitu x ̅_B=73,94>69,65= x ̅_A, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran membaca teks berbahasa Jepang berbasis case-based teaching method dan flipped classroom efektif untuk digunakan dan diterapkan di dalam perkuliahan.


Availability

D1202LT/ds D1202Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D1202
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiii, 178+...hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this