No image available for this title

Text

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika dan Self Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Menyelesaikan Soal Matematika:Eksperimen pada peserta didik Sekolah Dasar di Kota Ambon



Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan, karena tujuan dari berpikir kritis adalah untuk mencapai pemahaman yang mendalam, sehingga mampu mengatasi permasalahan yang ditemukan dalam kehidupan sehari- hari. Namun kondisi yang masih terlihat sekarang ini, adanya Ketidakmampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal diakibatkan karena peserta didik belum memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik. Untuk itu di perlukan self efficacy yang baik yang dapat didorong melalui model pembelajaran nyata yakni dengan model etnomatematika untuk memotivasi dan meransang kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran etnomatematika dan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik dan non tes untuk mengetahui self efficacy peserta didik. Analisa data menggunakan ANOVA dua jalur. Hasil temuan menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik dengan self efficacy tinggi sedang dan rendah yang diajarkan dengan model pembelajaran etnomatematika memiliki kemampuan berpikir kritis lebih baik dibanding peserta didik dengan self efficacy tinggi, sedang dan rendah diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran etnomatematika dan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Sekolah Dasar di Kota Ambon


Availability

2024000093sarPD/sin SAR 2024Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin SAR 2024
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
33 hlm. :ilus; 21,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this