No image available for this title

Text

Pemerolehan Kalimat pada Anak Usia Dini Berdasarkan Jenis Kelamin: Studi kasusdi TK langkah-Langkah Mungil Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah/ Siti Salamah



Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam dan komprehensif perbedaan bentuk, jenis, kategori pengisi fungsi, dan perilaku fungsi kalimat yang diperoleh anak laki-laki dan anak perempuan di TK Langkah-Langkah Mungil Banjarnegara Jawa Tengah. Desain penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus. Data diperoleh melalui video dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data memakai model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Temuan pertama, dalam pemerolehan bentuk kalimat, anak laki-laki lebih unggul memperoleh bentuk kalimat tunggal maupun majemuk dibandingkan anak perempuan. Temuan kedua, dalam pemerolehan jenis kalimat, anak laki-laki lebih unggul dalam pemerolehan jenis kalimat interogatif dan deklaratif. Namun, anak perempuan lebih banyak memperoleh kalimat imperatif. Pada pemerolehan kalimat eksklamatif, tidak terjadi perbedaan secara signifikan. Temuan ketiga, dalam hal kategori pengisi fungsi kalimat yang diperoleh, anak laki-laki lebih banyak memperoleh kalimat bersubjek pronomina dan nomina; serta kalimat berpredikat verba, nomina, numeral, dan frasa preposisional. Namun, anak perempuan unggul dalam pemerolehan kalimat berpredikat ajektiva. Temuan keempat berupa pola perilaku fungsi kalimat yang diperoleh, terdiri atas pola struktur urutan fungsi kalimat dan perilaku fungsi kalimat. Anak laki-laki lebih unggul dalam pola struktur urutan fungsi kalimat tunggal S-P; S-P-Ket; S-P-O; S-P-Pel, serta pola struktur urutan fungsi kalimat majemuk S-P-(O)/(Pel)-(Ket)-S-P-(O)/(Pel)-(Ket). Pola struktur urutan fungsi kalimat tunggal berpola S-P-O-Pel/Ket lebih banyak diperoleh anak perempuan. Perilaku null subject dalam kalimat lebih banyak diperoleh pada anak laki-laki. Kalimat berpredikat verba transitif berimbuhan, verba intransitif, serta verba pasif banyak diperoleh anak laki-laki. Kalimat berpredikat verba transitif dasar lebih banyak diperoleh anak perempuan. Secara keseluruhan, anak memperoleh kalimat di sekolah melalui interaksi dengan guru atau teman, saat belajar maupun bermain, baik di dalam maupun di luar kelas, serta saat istirahat makan


Availability

2024000086sitLT/sin SIT 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/sin SIT 2023
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
33 hlm. :ilus ;21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this