Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran PAUD Menggunakan E-Modul/ Ferdinandus Arifin Sulaiman
Kemampuan profesionalisme guru sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Salah satu kemampuan profesionalisme tersebut adalah merencanakan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran menggunakan E-modul pada mata kuliah perencanaan pembelajaran PAUD. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran menggunakan E-Modul pada mata kuliah perencanaan pembelajaran PAUD di Program Studi PG PAUD STKIP Citra Bakti Ngada. Instrumen pengembangan model dinilai oleh ahli instrumen. Hasil validasi ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli materi pembelajaran secara berturut-turut mengkonfirmasi bahwa model yang dikembangkan ‘sangat layak’ digunakan dengan persentase kelayakan model mencapai 90 %; ‘layak’ digunakan dengan persentase kelayakan mencapai 78 %, dan ‘sangat layak’ digunakan dengan persentase kelayakan mencapai 88 %. Setelah proses validasi dikonfirmasi, maka dilakukan uji coba pada 3 tahapan. Hasil penilaian terhadap produk penelitian dalam uji coba one-to-one yang melibatkan 3 mahasiswa mencapai 98 % tingkat kelayakannya, pada uji coba tahap 2 yang melibatkan 14 mahasiswa mencapai 92 % tingkat kelayakannya, dan pada uji coba lapangan yang melibatkan 50 mahasiswa mencapai 97 % tingkat kelayakannya dengan aspek-aspek penilaian berupa tampilan e-modul, pendahuluan, uraian materi, ketersediaan tugas dan evaluasi, rangkuman, dan manfaat bagi mahasiswa. Hasil dari penelitian adalah model konseptual, model prosedural, dan model fisikal berbasis model Dick & Carey dipadukan dengan model Hannafin & Peck yang layak digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah Perencanaan Pembelajaran PAUD di perguruan tinggi. Sedangkan efektivitas penggunaan produk penelitian ini disimpulkan efektif. Data pada uji t menunjukkan bahwa sig. (2-tailed)-nya adalah 0.000 yang lebih kecil dari 0.05 (0.000 2.014103 t- tabel, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan dari hasil pre-test sebelum implementasi model dengan hasil post-test setelah implementasi model pengembangan menggunakan e-modul pada mata kuliah perencanaan pembelajaran PAUD. Data di atas menunjukkan bahwa implementasi model pengembangan menggunakan e-modul pada mata kuliah perencanaan pembelajaran PAUD di program studi PG PAUD STKIP Citra Bakti Ngada efektif. Kata Kunci : Model Pembelajaran, E-Modul, Pendidikan Anak Usia Dini The ability of teacher professionalism greatly determines the success of the learning process. One of these professional skills is planning lessons
Availability
2024000151fer | TP/sin FER 2024 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/sin FER 2024
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
82 hlm. :ilus ;21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available