Record Detail
Advanced SearchText
Model Belajar Gerak Dasar Lokomotor untuk Usia 5-7 Tahun/ Tommy Rizki Prasetyo
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui model belajar gerak dasar
lokomotor untuk anak usia 5 – 7 tahun serta efektifitas dari model gerak dasar lokomotor
untuk anak usia 5 – 7 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Research and
Development dari Borg and Gall. Hasil telaah pakar berdasarkan validasi dari tiga ahli
menghasilkan sebanyak 30 item model. Uji lapangan pada kelompok kecil dilakukan pada
dua sekolah yakni TK Harapan dan SDN Cicalengka 10 dengan total subjek yang terlibat
sebesar 50 subjek. Kemudian, untuk uji kelompok besar dilakukan di 10 sekolah yakni
TK Mafatihul Huda, TK Aisyiyah, TK Amarta Tani, TK Al Kautsar, TK Nurul Hasanah,
SD Nurul Hasanah, SD Al Kautsar, SDN Mangga Besar 01 Pagi, SD Islam Al Ulum, dan
SDN 1 Setu Kulon dengan total subjek yang terlibat sebesar 250 subjek. Hasil uji
efektifitas dari penelitian ini memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang
memiliki arti bahwa terdapat perbedaan hasil tes belajar gerak dasar lokomotor pada
pretest dan posttest di kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan berupa model
belajar gerak dasar lokomotor untuk anak usia 5 ‒ 7 tahun. Dari hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menjadi referensi atau sumber belajar bagi orang
tua, guru dan pendamping dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak
melalui aktivitas belajar gerak dasar lokomotor.
Kata Kunci: Belajar; Gerak Dasar; Lokomotor
Availability
2024000148tom | PENJAS/sin TOM 2024 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PENJAS/sin TOM 2024
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
36 hlm. :ilus ;21,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PENJAS/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available