Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran Gamifikasi Berbasis Response to Intervention bagi Siswa dengan Hambatan Konsentrasi di Sekolah Dasar Inklusi/ Adistyana Pitaloka Kusmawati
Media pembelajaran merupakan faktor penting yang mendukung
keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian iniPbertujuan untuk
mengembangkan model pembelajaran gamifikasi berbasis responds to
intervention bagi siswa dengan hambatan konsentrasi di sekolah dasar
inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research
andDDevelopment (R&D)Odengan pendekatan model Dick and Carry yang
diintegrasikan dengan model Hannafin and Pack di langkah ketujuh.
Penelitian ini dilakukan di tujuh sekolah dasar inklusi Kabupaten Subang.
Teknik pengumpulanOdata yangPdigunakan adalah wawancara,Oobservasi,
angket dan analisis dokumen. Adapun jumlah responden sebanyak 20 orang
siswa kelas 2 yang mengalami hambatan konsentrasi. Hasil validasi ahli,
materi, bahasa, media dan desain pembelajaran menunjukkan model
pembelajaran gamifikasi berbasis responds to intervention bagi siswa
dengan hambatan konsentrasi di sekolah dasar inklusi dinyatakan valid.
Teknik analisisOdata yang diterapkan dengan ujiON-Gain score dan
independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap
evaluasi perorangan dan evaluasi kelompok kecil, respon siswa terhadap
model pembelajaran melalui pendekatan gamifikasi sebesar 95,45% dan
85,80% termasuk dalam kategori baik. Adapun hasil uji efektivitas yang
melibatkan 20 orang siswa menggunakan desain pretest dan posttest
menunjukkan model pembelajaran melalui pendekatan gamifikasi berbasis
RTI (Response to Intervention) efektif digunakan di kelas dua sekolah dasar
inklusi, sehingga model pembelajaran melalui pendekatan gamifikasi
berbasis RTI (Response to Intervention) dapat digunakanOdalam proses
pembelajaran bagi siswa dengan hambatan konsentrasi
Availability
2024000163adi | PD/sin ADI 2024 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/sin ADI 2024
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
32 hlm. :ilus ;20,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available