No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Gamifikasi Berbasis Response to Intervention bagi Siswa dengan Hambatan Konsentrasi di Sekolah Dasar Inklusi/ Adistyana Pitaloka Kusmawati



Media pembelajaran merupakan faktor penting yang mendukung
keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian iniPbertujuan untuk
mengembangkan model pembelajaran gamifikasi berbasis responds to
intervention bagi siswa dengan hambatan konsentrasi di sekolah dasar
inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research
andDDevelopment (R&D)Odengan pendekatan model Dick and Carry yang
diintegrasikan dengan model Hannafin and Pack di langkah ketujuh.
Penelitian ini dilakukan di tujuh sekolah dasar inklusi Kabupaten Subang.
Teknik pengumpulanOdata yangPdigunakan adalah wawancara,Oobservasi,
angket dan analisis dokumen. Adapun jumlah responden sebanyak 20 orang
siswa kelas 2 yang mengalami hambatan konsentrasi. Hasil validasi ahli,
materi, bahasa, media dan desain pembelajaran menunjukkan model
pembelajaran gamifikasi berbasis responds to intervention bagi siswa
dengan hambatan konsentrasi di sekolah dasar inklusi dinyatakan valid.
Teknik analisisOdata yang diterapkan dengan ujiON-Gain score dan
independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap
evaluasi perorangan dan evaluasi kelompok kecil, respon siswa terhadap
model pembelajaran melalui pendekatan gamifikasi sebesar 95,45% dan
85,80% termasuk dalam kategori baik. Adapun hasil uji efektivitas yang
melibatkan 20 orang siswa menggunakan desain pretest dan posttest
menunjukkan model pembelajaran melalui pendekatan gamifikasi berbasis
RTI (Response to Intervention) efektif digunakan di kelas dua sekolah dasar
inklusi, sehingga model pembelajaran melalui pendekatan gamifikasi
berbasis RTI (Response to Intervention) dapat digunakanOdalam proses
pembelajaran bagi siswa dengan hambatan konsentrasi


Availability

2024000163adiPD/sin ADI 2024Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin ADI 2024
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
32 hlm. :ilus ;20,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this