No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Gamifikasi Berbasis Response to Intervention Bagi Siswa dengan Hambatan Konsentrasi di Sekolah Dasar Inklusi/ADISTYANA PITALOKA KUSMAWATI



Media pembelajaran merupakan faktor penting yang mendukung
keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
model pembelajaran gamifikasi berbasis response to intervention bagi siswa dengan
hambatan konsentrasi di sekolah dasar inklusi. Metode penelitian yang digunakan
adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model Dick and
Carry yang diintegrasikan dengan model Hannafin and Pack di langkah ketujuh.
Penelitian ini dilakukan di tujuh sekolah dasar inklusi Kabupaten Subang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan
analisis dokumen. Adapun jumlah responseen sebanyak 20 orang siswa kelas 2
yang mengalami hambatan konsentrasi. Hasil validasi ahli, materi, bahasa, media
dan desain pembelajaran menunjukkan model pembelajaran gamifikasi berbasis
response to intervention bagi siswa dengan hambatan konsentrasi di sekolah dasar
inklusi dinyatakan valid. Teknik analisis data yang diterapkan dengan uji N-Gain
score dan independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap
evaluasi perorangan dan evaluasi kelompok kecil, respon siswa terhadap model
pembelajaran melalui pendekatan gamifikasi sebesar 95,45% dan 85,80% termasuk
dalam kategori baik. Adapun hasil uji efektivitas yang melibatkan 20 orang siswa
menggunakan desain pretest dan posttest menunjukkan model pembelajaran
melalui pendekatan gamifikasi berbasis Response to Intervention (RTI) efektif
digunakan di kelas dua sekolah dasar inklusi, sehingga model pembelajaran melalui
pendekatan gamifikasi berbasis Response to Intervention (RTI) dapat digunakan
dalam proses pembelajaran bagi siswa dengan hambatan konsentrasi.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Gamifikasi Berbasis RTI, Hambatan
Konsentrasi.


Availability

D1230PD/ds D1230Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D1230
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 273 hlm.:ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this