No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Guling Senam Lantai Berbasis Permainan untuk Siswa SMP/ SRI SUNDARI



Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan menguji efektifitas pengembangan model pembelajaran guling senam lantai berbasis permainan untuk siswa sekolah menengah pertama. Metode penelitian ini menggunakan research and development (R&D) model Borg and Gall. Subyek penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Pertama dengan jumlah subyek 21 siswa untuk uji coba kecil, 70 siswa untuk uji coba besar dan uji efektifitas sebesar 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 35 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dengan angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran guling senam lantai berbasis permainan ini sudah layak dan dapat diterapkan pada siswa sekolah menengah pertama, (2) Model pembelajaran guling senam lantai berbasis permainan ini efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran guling senam lantai untuk siswa sekolah menengah pertama. Hasil uji N-gain Skor kelompok eksperimen diperoleh nilai Mean= 77,7269 atau sama dengan 77,72%, termasuk dalam kategori efektif. Sedangkan, Hasil uji N-gain Skor kelompok kontrol diperoleh nilai Mean= 52,2270 atau sama dengan 52,22%, termasuk dalam kategori kurang efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guling senam lantai berbasis permainan efektif untuk siswa sekolah menengah pertama.


Availability

D1245PENJAS/ds D1245Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/ds D1245
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 190 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this