Record Detail
Advanced SearchText
Optimalisasi Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Peningkatan Kemampuan Guru Membuat Karya Tulis Ilmiah: Studi kasus pada kelompok kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di Provinsi Banten/Irmawanty
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pola pelaksanaan penulisan KTI pada guru Madrasah Ibtidaiyah di Provinsi Banten, (2) Untuk mengetahui peran KKG dalam pendampingan guru Madrasah Ibtidaiyah dalam penulisan karya tulis ilmiah, (3) Untuk mengetahui respon guru terhadap pendampingan guru Madrasah Ibtidaiyah dalam penulisan karya tulis ilmiah di Kelompok Kerja Guru dan (4) Untuk mengetahui efektivitas kegiatan pendampingan dalam meningkatkan kemampuan guru menulis KTI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan participatory action research (PAR). Responden kegiatan ini adalah guru madrasah Ibtidaiyah yang mengikuti kegiatan Pendampingan menulis KTI di kelompok Kerja Guru MI (Madrasah Ibtidaiyah) Kota Tangerang dan MI Kota Serang. Instrument yang digunakan pada penelitian ini (1) kuesioner, diberikan pada guru madrasah Ibtidaiyah yang hadir pada pertemuan bulanan KKG MI Kota Tangerang. (2) wawancara kepada kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kota Serang sebagai penanggung jawab KKG di tingkat Kota Serang. (3) observasi, dilakukan dengan cara mengoleksi kertas kerja peserta pada saat pelaksaan pelatihan kegiatan pendampingan pembuatan KTI serta mengamati aktivitas selama proses pendampingan berlangsung dan (4) dokumentasi, dilakukan dengan cara mengoleksi karya tulis ilmiah peserta sebagai output pelatihan kegiatan pendampingan dan melihat hasil review dari pengurus Pusat Pengembangan Madrasah Banten. Proses analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa Pola pelaksanaan pendampingan yang dilaksanakan oleh kelompok kerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kota Tangerang dan Kota Serang mampu meningkatkan motivasi menulis para guru madrasah. Kegiatan yang didampingi oleh pengurus Pusat Pengembangan Madrasah (PPM) dapat menjadi contoh pola kegiatan pengembangan diri guru dan publikasi ilmiah yang diprasyaratkan dalam proses pengembangan keprofesian berkelanjutan guru madrasah. Output kegiatan pendampingan di kelompok kerja guru Madrasah Ibtidaiyah dalam bentuk artikel dan dipublikasikan melalui presentasi pada kegiatan ilmiah maupun di jurnal ilmiah, menjadi poin dalam penghitungan angka kredit dalam unsur publikasi ilmiah.
Availability
D1216 | PD/ds D1216 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ds D1216
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
xx, 161 hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available