Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan E-Modul Ecoliteracy Berbasis Project Based Blended Learning untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan pada Peserta Didik Sekolah Dasar/ Trisni Handayani
Rendahnya kepedulian lingkungan semakin memprihatinkan. Kesadaran ekologis semakin menurun seiringnya dengan perkembangan teknologi. Untuk itu perlunya literasi lingkungan khususnya pada sekolah dasar dalam pembentukan karakter. Tujuan penelitian adalah (1)Menghasilkan E-Modul Ecoliteracy berbasis project based blended learning untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan. (2)Menganalisis kelayakan E-Mudul Ecoliteracy berbasis project based blended learning untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan pada peserta didik kelas V sekolah dasar. (3)Menguji efektivitas E-Modul Ecoliteracy berbasis project based blended learning untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi desain pembelajaran Dick and Carey. Data hasil validasi ahli dianalisis dengan skor rata-rata 91, yang menyatakan sangat valid. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 159 Peserta didik. Teknik analisis data menggunakan Statistik inferensial. Pengujian Efektivitas menggunakan uji persyaratan analisis (uji normalitas, uji wilcoxon), uji hipotesis (uji daya beda, uji efektivitas (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan: (1)Produk yang dikembangkan berupa E- Modul Ecoliteracy berbasis project based blended learning mencangkup literasi kontekstual, audio, aktivitas, langkah-langkah proyek, ilustrasi animasi yang mampu menarik perhatian serta dapat diakses dengan mudah oleh peserta didik; (2)Kelayakan hasil validasi ahli menunjukkan kategori sangat valid, sehingga dapat dibuktikan bahwa E-Modul Ecoliteracy berbasis PjB2L layak digunakan; (3) Uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh positif terhadap penggunaan E- Modul Ecoliteracy berbasis PjB2L dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan, uji N-Gain membuktikan E-Modul Ecoliteracy terbukti sangat efektif dengan nilai rata-rata 81.97 (82%) meningkatkan karakter peduli lingkungan. Temuan penelitian ini mengarah pada rekomendasi untuk menggunakan E-Modul Ecoliteracy berbasis project based blended learning sebagai alternatif dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan sebagai upaya untuk perbaikan generasi yang memiliki karakter
Availability
D1211 | PD/ds D1211 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ds D1211
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
xiii, 259 hlm. :ilus ;29,5cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available