No image available for this title

Text

Pengembangan E-Modul Ecoliteracy Berbasis Project Based Blended Learning untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan pada Peserta Didik Sekolah Dasar/ Trisni Handayani



Rendahnya kepedulian lingkungan semakin memprihatinkan. Kesadaran ekologis semakin menurun seiringnya dengan perkembangan teknologi. Untuk itu perlunya literasi lingkungan khususnya pada sekolah dasar dalam pembentukan karakter. Tujuan penelitian adalah (1)Menghasilkan E-Modul Ecoliteracy berbasis project based blended learning untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan. (2)Menganalisis kelayakan E-Mudul Ecoliteracy berbasis project based blended learning untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan pada peserta didik kelas V sekolah dasar. (3)Menguji efektivitas E-Modul Ecoliteracy berbasis project based blended learning untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi desain pembelajaran Dick and Carey. Data hasil validasi ahli dianalisis dengan skor rata-rata 91, yang menyatakan sangat valid. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 159 Peserta didik. Teknik analisis data menggunakan Statistik inferensial. Pengujian Efektivitas menggunakan uji persyaratan analisis (uji normalitas, uji wilcoxon), uji hipotesis (uji daya beda, uji efektivitas (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan: (1)Produk yang dikembangkan berupa E- Modul Ecoliteracy berbasis project based blended learning mencangkup literasi kontekstual, audio, aktivitas, langkah-langkah proyek, ilustrasi animasi yang mampu menarik perhatian serta dapat diakses dengan mudah oleh peserta didik; (2)Kelayakan hasil validasi ahli menunjukkan kategori sangat valid, sehingga dapat dibuktikan bahwa E-Modul Ecoliteracy berbasis PjB2L layak digunakan; (3) Uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh positif terhadap penggunaan E- Modul Ecoliteracy berbasis PjB2L dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan, uji N-Gain membuktikan E-Modul Ecoliteracy terbukti sangat efektif dengan nilai rata-rata 81.97 (82%) meningkatkan karakter peduli lingkungan. Temuan penelitian ini mengarah pada rekomendasi untuk menggunakan E-Modul Ecoliteracy berbasis project based blended learning sebagai alternatif dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan sebagai upaya untuk perbaikan generasi yang memiliki karakter


Availability

D1211PD/ds D1211Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D1211
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiii, 259 hlm. :ilus ;29,5cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this