No image available for this title

Text

Evaluasi Implementasi Program Sekolah Penggerak di SMA Negeri 71 Jakarta/ Gayus Sadarman Tafonao



Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Program Sekolah Penggerak (PSP) di SMA Negeri 71 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, & Product) karena untuk mendapatkan informasi dan gambaran pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di SMA Negeri 71 Jakarta secara komprehensif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi implementasi program sekolah penggerak di SMA Negeri 71 Jakarta meliputi: (1) hasil evaluasi konteks; sebagai Sekolah Penggerak menerapkan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) untuk mempersiapkan lulusan yang berkualitas. KOS yang dikembangkan oleh Tim Pengembang Kurikulum, Pengembangan Kurikulum Merdeka dengan memperhatikan zona lokasi tempat tinggal guru, tenaga kependidikan dan peserta didik; (2) Hasil Evaluasi Input; sebagai program transformasi pembelajaran bagi peserta didik agar mencapai tujuan sekolah yaitu menciptakan lulusan yang berkualitas dengan melibatkan semua guru dan orangtua peserta didik dalam proses pembelajaran; (3) Hasil Evaluasi Proses; menunjukan bahwa SMA Negeri 71 Jakarta melakukan kegiatan ekstra dan intrakurikuler dalam kurikulum merdeka dan pembelajaran P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila). (4) Hasil Evaluasi Product, menunjukkan bahwa dengan adanya Program Sekolah Penggerak di SMA Negeri 71 Jakarta memberikan dampak positif bagi siswa maupun guru. Salah satunya adalah dengan adanya program sekolah penggerak guru SMA Negeri 71 Jakarta menjadi praktik dibeberapa sekolah dalam rangka mensosialisasikan Kurikulum Merdeka, dan untuk siswa memperoleh prestasi dimana masuk dalam kategori literasi dan numerasi tingkat provinsi, menjalin kerjasama dengan Prestasi Junior Indonesia dalam melaksanakan P5, dan lain sebagainya.


Availability

T1058MP/ts T1058Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ts T1058
Publisher Prodi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
x, 103 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this