Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Esai Berbasis Tpack di Program Studi Bahasa Inggris/ MCLEAN HY
Teknologi kini bagian integral dari Pendidikan. Penggunaan teknologi menjadi potensi besar untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran tidak hanya di dalam kelas tetapi juga di luar kelas, menjadikan pendidikan dapat diakses melalui dunia maya. Pembelajaran pada era digital menuntut dunia pendidikan beradaptasi cepat dengan penggunaan integrasi teknologi dengan aspek pedagogik dan konten atau materi. penelitian ini menginvestigasi Bagaimanakah pengembangan model pembelajaran menulis esai Bahasa Inggris berbasis TPACK di Universitas Lakidende. Adapun tujuan dari penelitian ini meliputi 1) menganalisis kebutuhan model pembelajaran untuk mahasiswa dan dosen mata kuliah Writing di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lakidende; 2)merancang pengembangan model pembelajaran menulis Esai sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lakidende; 3) Menerapkan model pembelajaran menulis Esai berbasis TPACK yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli pakar; 4) Melakukan kelayakan dan efektifitas pengembangan model pembelajaran menulis Esai berbasis TPACK yang dikembangkan untuk mahasiswa dan dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan design ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Lakidende. Data diperoleh melalui wawancara, kuesioner, tes dan observasi, untuk mengetahui kelayakan dari model model pembelajaran menulis esai Bahasa Inggris berbasis TPACK dilakukan beberapa tahapan penilaian. Penilaian yang dilakukan yaitu uji pakar, ujicoba satu-satu, ujicoba kelompok kecil, dan uji efektivitas model pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil validasi pakar menunjukan bahwa model pembelajaran Bahasa Inggris memenuhi indikator. Nilai yang diperoleh hasil validasi isi materi (88,8%), validasi kebahasaan (91,5%) dan validasi desain pembelajaran (96,25%) masuk dalam kategori sangat baik. Selanjutnya hasil ujicoba dilakukan pada uji satu-satu (90,6), uji kelompok kecil (89,6), dan uji efektifitas model pembelajaran dengan melakukan pre tes dan post tes. Dengan demikian, model pembelajaran menulis esai Bahasa Inggris berbasis TPACK dapat digunakan sebagai model pembelajaran dalam mata kuliah menulis esai melalui e-learning untuk meningkatkan kemampuan menulis esai Bahasa Inggris di Universitas Lakidende. Kata Kunci: TPACK, Menulis Esai
Availability
D1250 | LT/ds D1250 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
LT/ds D1250
|
Publisher | Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
xix, 307 hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
LT/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available