No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Tiasa dengan Menggunakan Wayang Sukuraga untuk Menguatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar/ Iis Nurasiah



Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model pembelajaran karakter berbantu media wayang Sukuraga untuk menguatkan karakter bernalar kritis siswa sekolah dasar yang disusun berdasarkan tahapan atau langkah-langkah desain pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran ini bertujuan untuk menjadi alternatif model pembelajaran karakter yang digunakan di semua mata pelajaran untuk mendukung perwujudan profil pelajar Pancasila melalui Panduan Guru dan Bahan Ajar. Metode pengembangan sintaks menggunakan teori Joyce & Marsha sedangkan metode pengembangan peneltian menggunakan model Dick & Carey dan model CAI menjadi beberapa komponenm yaitu: 1) Identifikasi tujuan pembelajaran/Need Assesment meliputi analisis kurikulum, analisis karakter siswa, , 2) Telaah kebutuhan model, 3)Membuat draft design model pembelajaran melalui pemilihan metode, media dan materi, 4) Uji kelayakan melalui validasi ahli dan praktisi model pembelajaran, ahli materi, ahli media dan ahli budaya, 5) Implementasi model dan Evaluasi, 6) Uji efektivitas. Hasil peneltian Efektivitas penggunaan model pembelajaran TIASA dilakukan melalui uji one to one try out, small group dan uji efektivitas eksperimen. Hasil uji efektivitas melalui N Gain Score pada uji one to one try oue pada hasil test pemahaman bernalar kritis masuk kategori tinggi dengan rata-rata 1,65 dan hasil observasi sikap bernalar kritis diperoleh rata-rata 0,68 masuk kategori sedang, Hasil N Gain score pada small group diperoleh rata-rata nilai test pemahaman 0,68 dan nilai rata-rata sikap 0,58 masuk pada kategori sedang. Hasil N Gain untuk skala luas diperoleh hasil 0,72, masuk kategori tinggi. Hasil perubahan psikomotor diperoleh nilai rata-rata awal siswa yang masuk kategori sangat berkembang sebanyak 2 siswa kemudian meningkat menjadi 12. Siswa dalam kategori berkembang dari awal sebanyak 6 orang kemudian meningkat menjadi 18 orang, dan kategori kurang berkembang dari 9 orang menurun menjadi 6 orang, dan pada kategori tidak berkembang dari 11 orang menjadi tidak ada. Hasil observasi keterlaksanaan pada uji coba terbatas untuk pembelajaran di subelemen 1 diperoleh hasil observasi guru dan observasi sebesar siswa 87,89%. Keterlaksanaan pada sub elemen 2 diperoleh hasil observasi guru sebesar 87,89% dan observasi siswa 89,91%. Keterlaksanaan pada sub elemen 3 diperoleh hasil observasi guru dan observasi siswa 89,91% dan keterlaksanaan implementasi model pada sub elemen 4 diperoleh hasil observasi guru sebesar 99% dan observasi siswa 100%. Kata Kunci : Model Pembelajaran TIASA, Wayang Sukuraga, Karakter, Siswa Sekolah Dasar


Availability

D1252PD/ds D1252Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D1252
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xx, 800 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this