Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Instrumen Matematics Teaching Self Efficacy pada Mahasiswa Internship Program Studi Pendidikan Matematika/ NISRAENI
Mathematics Teacher Self Efficacy (MTSE) adalah konsep yang merujuk pada keyakinan dan penilaian seorang guru terhadap kemampuannya untuk mengajar matematika secara efektif. Guru dengan MTSE tinggi cenderung lebih percaya diri dalam kemampuan mereka untuk mengajar matematika dan yakin bahwa mereka dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Kurangnya instrumen yang memiliki kualitas yang baik yang secara khusus mengukur self efficacy calon guru matematika menjadi salah satu alasan pengembangan instrumen MTSE ini. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) untuk merancang serta menguji instrumen MTSE pada Mahasiswa Internship Program Studi Pendidikan Matematika. Melalui tahap analisis teori yang mencakup studi pustaka dan hasil penelitian sebelumnya, penelitian ini merumuskan 76 item pernyataan yang mencakup sembilan aspek penilaian. Dalam tahap Desain, instrumen awal disusun dan diuji coba pada 218 mahasiswa internship tahap 1 dan 437 mahasiswa tahap 2, dengan 22 item terpilih melalui analisis statistik, termasuk validitas isi, konstruk, reliabilitas, dan Partial Credit Model (PCM). Instrumen MTSE yang terbentuk mencakup sembilan aspek penilaian utama, yaitu konsep diri matematika, kecemasan matematika, dan strategi penyelesaian masalah matematika. Temuan penelitian mencerminkan proses pengembangan instrumen yang sistematis dan melibatkan evaluasi kontinyu. Instrumen MTSE terbukti dapat diandalkan untuk mengukur efikasi pengajaran matematika mahasiswa selama program internship, dengan implikasi teoritis memberikan kontribusi pada pemahaman efikasi pengajaran, sementara implikasi praktisnya terkait dengan peningkatan efektivitas program internship dan pembelajaran matematika. Temuan ini memiliki kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan untuk menjadi acuan dalam pengembangan instrumen pengukuran self-efficacy di pendidikan matematika
Availability
D1253 | PEP/ds D1253 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PEP/ds D1253
|
Publisher | Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
xv, 244 hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PEP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available