No image available for this title

Text

Pengaruh persepsi Dukungan Terhadap Goal Commitment Melalui Percaya Diri dan Cooperation Para Tenaga Pemasar Generasi Y dan Z di Perusahaan Pembiayaan/ Damaruci



Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah model penelitian yang baru
dalam rangka merumuskan rekomendasi teoritis dan praktis atas hasil kajian pengaruh
persepsi dukungan terhadap goal commitment melalui percaya diri dan coopetition.
Pembahasan coopetition dalam konteks internal karyawan yang relatif masih sedikit
dipelajari. Coopetition biasanya dalam konteks persaingan dan kerjasama antar perusahaan.
Konteks pemicu penelitian ini adalah bahwa dalam berkompetisi-berkolaborasi jelas
membutuhkan dukungan dari Perusahaan, supervisor, teman dan keluarga, juga rasa percaya
diri namun tenaga pemasar dari gen Y dan Z yang memiliki karakteristik senang berganti
pekerjaan sehingga persepsi dukungan, coopetition dan percaya diri perlu dianalisis
keterkaitannya dengan goal commitment. Data dikumpulkan dari survei terhadap 168
karyawan milenial di 75 perusahaan pembiayaan di Jakarta Timur dan Bekasi dengan
menggunakan teknik pengambilan sampling convience sampling. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi
dukungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap goal commitment, percaya diri
berpengaruh positif dan signifikan terhadap coopetition, dan keduanya (percaya diri dan
coopetition) berpengaruh positif dan signifikan terhadap goal commitment. Penelitian ini
memberikan tinjauan hubungan kausalitas variabel persepsi dukungan, percaya diri,
coopetition dan goal commitment dalam kerangka input-proses-ouput sehingga dapat
memperkaya kajian coopetition dalam konteks internal organisasi, khususnya di perusahaan
pembiayaan. Secara teoritik penelitian ini memiliki originalitas dan kebaruan sebagai
penelitian pertama yang meneliti goal commitment para tenaga pemasar gen Y dan Z di
Perusahaan pembiayaan dan dikaitkan dengan variabel persepsi dukungan, percaya diri dan
coopetition. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan
untuk meningkatkan Goal Commitment dan kinerja tenaga pemasar dari generasi Y dan Z
dengan meningkatkan kepercayan diri dan sikap coopetition melalui optimalisasi bentuk
dukungan, pilihan model kepemimpinan yang tepat dan rekomendasi model pembelajaran bagi
tenaga pemasar dengan metode pembelajaran “Peer Group Knowledge Sharing”.
Kata kunci: percaya diri, coopetition, goal commitment, tenaga pemasa gen Y dan gen Z


Availability

D1247IM/ds D1247Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
IM/ds D1247
Publisher Prodi Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
v, 273 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
IM/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this