No image available for this title

Text

Pengembangan Pembelajaran Writing Skills dengan Pendekatan Collaborative Learning Menggunakan Bahan Ajar Digital Berbasis Padlet Kelas VIII/ Ahmad Lazuardi Al-Fitrie



Menulis sebagai bagian dari keterampilan produktif adalah ungkapan bahasa yang digunakan dalam memberikan penyampaian gagasan atau ide dalam bentuk huruf, lambang dan kata kepada pembaca. Namun, berdasarkan studi literatur yang dilakukan masih rendahnya kemampuan menulis peserta didik yang dialami disekolah. Hal ini disebabkan kurang kemampuan peserta didik dalam mengorganisaikan ide dengan baik, pengembangan karangan serta penyusunan kalimat dan kosakata yang digunakan masih terbatas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan rancangan pembelajaran writting skills dengan pendekatan collaborative learning menggunakan bahan ajar digital kelas VIII. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4D. Tahapan pengembangan 4D yaitu define, design, develope dan ditterminate. Padlet merupakan situs web dan aplikasi yang memungkinkan peserta didik menyusun informasi ke papan buletin virtual. Evaluasi pada penelitian ini menggunakan evaluasi formatif dengan melibatkan dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Selain itu, proses evaluasi melalui expert review untuk menguji kelayakan dan uji coba pengguna melalui uji coba one to one, small group dan uji efektifitas. Hasil review ahli diperoleh hasil 90,9% dari ahli materi menunjukkan sangat layak untuk diuji coba dan 65,5% dari hasil uji media menunjukkan cukup layak untuk diuji coba. Hasil uji pengguna melalui uji coba one to one dilakukan kepada 3 responden mendapatkan nilai presentase 81,77% menunjukkan materi yang disampaikan cukup baik. Hasil uji coba small group dilakukan kepada 9 responden mendapatkan kenaikan nilai menjadi 88,02% yang artinya pengembangan yang dilakukan dinilai sangat baik. Pada tahap uji efektivitas yang dilakukan melalui pre test dengan skor 42,7 dan post test mendapatkan nilai 75,3 dan hasil N-Gain 0,57 menunjukkan pengembangan ini cukup efektif. Hasil penilaian kemampuan menulis awal peserta mendapatkan skor 75,83 dan hasil respon peserta didik setelah melakukan pengembangan mendapatkan skor 86,97. Sehingga dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan pembelajaran writing skills dengan pendekatan collaborative learning dengan menggunakan bahan ajar digital berbasis padlet di SMPI Nida El-Adabi kelas VIII dapat dikatakan sangat layak digunakan untuk membantu peserta didik dalam pembelajaran writting skills.


Availability

T1076TP/ts T1076Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T1076
Publisher Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xii, 168 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this