No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Esai Bahasa Inggris Berbasis TPACK : Penelitian dan pengembangan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Lakidende



Teknologi kini bagian integral dari Pendidikan. Penggunaan teknologi
menjadi potensi besar untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran tidak
hanya di dalam kelas tetapi juga di luar kelas, menjadikan pendidikan dapat diakses
melalui dunia maya. Pembelajaran pada era digital menuntut dunia pendidikan
beradaptasi cepat dengan penggunaan integrasi teknologi dengan aspek pedagogik
dan konten atau materi. penelitian ini menginvestigasi Bagaimanakah
pengembangan model pembelajaran menulis esai Bahasa Inggris berbasis TPACK
di Universitas Lakidende. Adapun tujuan dari penelitian ini meliputi 1)
menganalisis kebutuhan model pembelajaran untuk mahasiswa dan dosen mata
kuliah Writing di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lakidende;
2)merancang pengembangan model pembelajaran menulis Esai sesuai dengan
kebutuhan mahasiswa dan dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Lakidende; 3) Menerapkan model pembelajaran menulis Esai berbasis
TPACK yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli pakar; 4) Melakukan
kelayakan dan efektifitas pengembangan model pembelajaran menulis Esai
berbasis TPACK yang dikembangkan untuk mahasiswa dan dosen di Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian dan pengembangan (R&D) dengan design ADDIE. Penelitian ini
dilaksanakan di Universitas Lakidende. Data diperoleh melalui wawancara,
kuesioner, tes dan observasi, untuk mengetahui kelayakan dari model pembelajaran
menulis esai Bahasa Inggris berbasis TPACK dilakukan beberapa tahapan
penilaian. Penilaian yang dilakukan yaitu uji pakar, ujicoba satu-satu, ujicoba
kelompok kecil, dan uji efektivitas model pembelajaran. Hasil penelitian yang
diperoleh dari hasil validasi pakar menunjukan bahwa model pembelajaran Bahasa
Inggris memenuhi indikator. Nilai yang diperoleh hasil validasi isi materi (88,8%),
validasi kebahasaan (91,5%) dan validasi desain pembelajaran (96,25%) masuk
dalam kategori sangat baik. Selanjutnya hasil ujicoba dilakukan pada uji satu-satu
(90,6), uji kelompok kecil (89,6), dan uji efektifitas model pembelajaran dengan
melakukan pre tes dan post tes. Dengan demikian, model pembelajaran menulis esai
Bahasa Inggris berbasis TPACK dapat digunakan sebagai model pembelajaran
dalam mata kuliah menulis esai melalui e-learning untuk meningkatkan
kemampuan menulis esai Bahasa Inggris di Universitas Lakidende.
Kata Kunci: TPACK, Menulis Esai, E-Learnin


Availability

2024000186mclLT/sin MCL 2024Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/sin MCL 2024
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
39 hlm. :ilus ;21,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this