No image available for this title

Text

Pengembangan Instrument Mathematics Teaching Self Efficacy pada Mahasiswa Internship Program Studi Pendidikan Matematika/ Nisraeni



Mathematics Teacher Self Efficacy (MTSE) adalah konsep yang mengacu pada
keyakinan dan penilaian seorang guru terhadap kemampuannya untuk mengajar
matematika secara efektif. Guru dengan MTSE tinggi cenderung lebih percaya diri
dalam kemampuan mereka untuk mengajar matematika dan yakin bahwa mereka dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D
(Define, Design, Develop, dan Disseminate) untuk merancang serta menguji instrumen
MTSE pada Mahasiswa Internship Program Studi Pendidikan Matematika. Melalui tahap
analisis teori yang mencakup studi pustaka dan hasil penelitian sebelumnya, penelitian
ini merumuskan 76 item pernyataan yang mencakup sembilan aspek penilaian. Dalam
tahap Desain, instrumen awal disusun dan diuji coba pada 218 mahasiswa internship
tahap 1 dan 437 mahasiswa tahap 2, dengan 22 item terpilih melalui analisis statistik,
termasuk validitas isi, konstruk, reliabilitas, dan Partial Credit Model (PCM). Instrumen
MTSE yang terbentuk mencakup sembilan aspek penilaian utama, seperti konsep diri
matematika, kecemasan matematika, dan Strategi penyelesaian masalah matematika.
Temuan penelitian mencerminkan perjalanan pengembangan instrumen yang sistematis
dan melibatkan evaluasi kontinyu. Instrumen MTSE terbukti dapat diandalkan untuk
mengukur efikasi pengajaran matematika mahasiswa selama program internship, dengan
implikasi teoritis memberikan kontribusi pada pemahaman efikasi pengajaran, sementara
implikasi praktisnya terkait dengan peningkatan efektivitas program internship dan
pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Mathematics Teaching Self Efficacy, Instrumen, Internship


Availability

2024000190nisPEP/sin NIS 2024Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/sin NIS 2024
Publisher Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
53 hlm. :ilus ;21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this