Record Detail
Advanced SearchText
Model Bahan Ajar BIPA Tingkat Dasar Bermuatan Budaya Betawi Melalui Multimedia Interaktif: Penelitian pengembangan di Universitas Muhammadiyah Jakarta/ KHAERUNNISA
UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization)
menetapkan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa resmi UNESCO. Hal ini
menjadikan bahasa Indonesia mendapatkan panggung yang lebih besar dalam
mempromosikan keberagaman bahasa dan budaya dan dapat meningkatkan citra
dan daya tarik bahasa tersebut bagi mereka yang tertarik mempelajarinya.
Tingginya minat orang asing untuk belajar bahasa Indonesia harus diapresiasi
positif dan didukung dengan perangkat pembelajaran yang memadai dan
menunjang kemampuan berbahasa penutur asing. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan model bahan ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
bermuatan budaya Betawi melalui multimedia interaktif. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and
development) menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement,
Evaluate). Dua data, kualitatif dan kuantitatif, dalam penelitian diperoleh melalui
wawancara, kuesioner, dan tes. Kelayakan bahan ajar diperoleh dari validasi pakar
and persepsi pembelajar terhadap bahan ajar pada uji coba skala kecil. Untuk
melihat efektifitas bahan ajar digunakan penghitungan menggunakan One-Group
PreTest-PostTest Design. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: 1)
bahan ajar dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan pembelajar dan pengajar,
2) sistematika bahan ajar terdiri dari lima komponen; Menu Awal, Menu ‘Identitas
Bahan Ajar BIPA’, Menu Peta Kompetensi, Menu Prawacana, dan Menu Bahan
Ajar. 3) hasil penilaian ahli media menghasilkan rata-rata secara keseluruhan aspek
bahan ajar sebesar 4,3 atau 84,9 %. Ini berarti bahwa ahli media menilai bahan ajar
yang dikembangkan sudah ‘Baik”, dan 5) hasil pengujian menggunakan paired
sample t-test didapatkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan
berbahasa Indonesia pada data pre-test dan data post-test. Dari hasil analisis data
ini, didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan atau nyata dari data pretest dan data post-test sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar
BIPA Tingkat Dasar bermuatan budaya Betawi dalam Bentuk Multimedia Interaktif
yang diberikan mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia pemelajar
penutur asing pada kompetensi mendengar, berbicara, membaca, dan menulis
Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: BIPA, Budaya Betawi, Interaktif, Multimedia
Availability
D1254 | LT/ds D1254 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
LT/ds D1254
|
Publisher | Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
xxii, 386 hlm. :ilus;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
LT/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available