No image available for this title

Text

Green Consumer Behavior (GCB) Didasarkan pada Kepribadian (Big-Five Personality) Mahasiswa Terhadap Lingkungan dan Gender : Studi ekspost-facto pada mahasiwa Universitas Negeri Jakarta/ CHOLILAWATI



Pemahaman tentang green consumer behavior (GCB) dapat digunakan untuk
menentukan kepribadian (big-five personality) mahasiswa terhadap lingkungan dan
gender. Pemahaman yang baik tentang green consumer pada mahasiswa tergantung
pada kepribadian (big-five personality) mahasiswa terhadap lingkungan yang akurat.
Gender juga merupakan kategori sosial yang tercermin dalam perilaku.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah kepribadian (bigfive personality) mahasiswa terhadap lingkungan dan gender mempengaruhi green
consumer behavior (GCB). Penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik expost facto dengan desain 2x2 yang melibatkan 200 mahasiswa di Universitas Negeri
Jakarta sebagai sampel dalam penelitian ini.
Ada dua instrumen dalam penelitian ini, yang pertama untuk mengukur
kepribadian (big-five personality) mahasiswa terhadap lingkungan (58 item,
reliabilitas 0,907) dan GCB (34 item, reliabilitas 0,85). Data dianalisis dengan
statistik deskriptif, statistik inferensial untuk uji linieritas, homogenitas dengan uji
Barlett, dan Anova dua arah diikuti oleh uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) Ada perbedaan antara GCB mahasiswa yang memiliki kepribadian (bigfive personality) terhadap lingkungan yang akurat dan kepribadian lingkungan yang
tidak akurat, (2) terdapat perbedaan GCB antara mahasiswa yang dipersepsikan lakilaki dan mahasiswa yang dipersepsikan perempuan, (3) Bagi mahasiswa yang
dipersepsikan laki-laki, GCB nya lebih positif antara yang memiliki kepribadian
(big-five personality) terhadap lingkungan yang akurat dibandingkan dengan yang
tidak akurat, (4) Bagi mahasiswa yang dipersepsikan perempuan, GCB nya lebih
positif antara yang memiliki kepribadian (big-five personality) terhadap lingkungan
yang akurat dibandingkan dengan yang tidak akurat, dan (5) Ada interaksi antara
kepribadian (big-five personality) terhadap lingkungan dan gender pada GCB. Tidak
selalu kepribadian (big-five personality) terhadap lingkungan yang akurat lebih
berguna untuk GCB, namun perlu dilihat dahulu apakah siswa ini dipersepsi sebagai
pria atau wanita oleh masyarakat. Oleh karena itu bila ingin membentuk GCB, maka
kepribadian (big-five personality) terhadap lingkungan perlu dikembangkan dengan
memperhatikan apakah mahasiswa tersebut dipersepsi sebagai pria atau wanita.
Kata kunci: Kepribadian, gender, green consumer behavior (GCB)


Availability

D1270PL/ds D1270Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PKLH/ds D01270
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Lingkungan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xii, 106+...hlm.:ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PKLH/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this