No image available for this title

Text

Pengaruh Kepedulian Lingkungan, Kepribadian dan Paradigma Lingkungan Baru terhadap Perilaku Produk Hijau Mahasiswa: Studi kausal pada mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika/ Indah Yuniasih



Kebutuhan dasar manusia harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup manusia. Kegiatan konsumsi dan produksi sebagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan manusia harus memperhatikan lingkungan. Perusahaan tidak hanya memproduksi produk ramah lingkungan namun juga Perusahaan yang memperhatikan green production dan green marketing. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi kausal tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian produk hijau: kepedulian lingkungan, kepribadian, dan paradigma lingkungan baru. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis jalur (Path Analysis). Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen. Penelitian ini menggunakan 160 mahasiswa sebagai sampel. Empat instrumen untuk mengukur kepedulian lingkungan (30 item, rel .927 ), kepribadian (43 item, rel .972 ), paradigma lingkungan baru (38 item, rel .961), dan perilaku pembelian produk hijau (26 item, rel .947 ). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh langsung dan signifikan Kepedulian Lingkungan terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau, pengaruh langsung dan signifikan Kepedulian Lingkungan terhadap Paradigma Lingkungan Baru, pengaruh langsung dan signifikan Kepribadian terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau, pengaruh langsung dan signifikan Kepribadian terhadap Paradigma Lingkungan Baru, pengaruh langsung dan signifikan Paradigma Lingkungan Baru terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau, terdapat pengaruh tidak langsung dan signifikan Kepedulian Lingkungan terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau melalui Paradigma Lingkungan Baru, terdapat pengaruh tidak langsung dan signifikan Kepribadian terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau melalui Paradigma Lingkungan Baru. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kepedulian lingkungan, kepribadian, dan paradigma lingkungan baru memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap perilaku pembelian produk hijau pada Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika. Kata Kunci : Kepedulian Lingkungan, Paradigma Lingkungan Baru, Kepribadian, Perilaku Pembelian Produk Hijau


Availability

2024000227idaPKLH/sin IDA 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PKLH/sin IDA 2023
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Lingkungan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
39 hlm. :ilus ;21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PKLH/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this