Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Kepedulian Lingkungan, Kepribadian dan Paradigma Lingkungan Baru terhadap Perilaku Produk Hijau Mahasiswa: Studi kausal pada mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika/ Indah Yuniasih
Kebutuhan dasar manusia harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup manusia. Kegiatan konsumsi dan produksi sebagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan manusia harus memperhatikan lingkungan. Perusahaan tidak hanya memproduksi produk ramah lingkungan namun juga Perusahaan yang memperhatikan green production dan green marketing. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi kausal tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian produk hijau: kepedulian lingkungan, kepribadian, dan paradigma lingkungan baru. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis jalur (Path Analysis). Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen. Penelitian ini menggunakan 160 mahasiswa sebagai sampel. Empat instrumen untuk mengukur kepedulian lingkungan (30 item, rel .927 ), kepribadian (43 item, rel .972 ), paradigma lingkungan baru (38 item, rel .961), dan perilaku pembelian produk hijau (26 item, rel .947 ). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh langsung dan signifikan Kepedulian Lingkungan terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau, pengaruh langsung dan signifikan Kepedulian Lingkungan terhadap Paradigma Lingkungan Baru, pengaruh langsung dan signifikan Kepribadian terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau, pengaruh langsung dan signifikan Kepribadian terhadap Paradigma Lingkungan Baru, pengaruh langsung dan signifikan Paradigma Lingkungan Baru terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau, terdapat pengaruh tidak langsung dan signifikan Kepedulian Lingkungan terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau melalui Paradigma Lingkungan Baru, terdapat pengaruh tidak langsung dan signifikan Kepribadian terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau melalui Paradigma Lingkungan Baru. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kepedulian lingkungan, kepribadian, dan paradigma lingkungan baru memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap perilaku pembelian produk hijau pada Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika. Kata Kunci : Kepedulian Lingkungan, Paradigma Lingkungan Baru, Kepribadian, Perilaku Pembelian Produk Hijau
Availability
2024000227ida | PKLH/sin IDA 2023 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PKLH/sin IDA 2023
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Lingkungan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2023 |
Collation |
39 hlm. :ilus ;21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PKLH/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cet. 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available