No image available for this title

Text

Implementasi Flipped Classroom pada Mata Kuliah Desain Pembelajaran Daring/ Anugrah



Teknologi Pendidikan sebagai salah satu ilmu terapan yang berfokus pada
pemecahan masalah belajar pun membekali peserta didiknya untuk menjadi praktisi
pendidikan yang memiliki kompetensi untuk mendesain belajar secara daring.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana pelaksanaan flipped classroom
pada mata kuliah Desain Pembelajaran Daring di Magister Teknologi Pendidikan
Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Dengan mengacu pada sepuluh standar pembelajaran dari menurut AECT,
peneliti menggunakan metode deskriptif. Teknik penggalian data menggunakan
observasi, wawancara, dan penyebaran angket kepada seluruh mahasiswa yang
mengikuti kelas mata kuliah Desain Pembelajaran Daring di Magister Teknologi
Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Hasil penelitian membuktikan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19
dengan menggunakan flipped classroom pada mata kuliah Desain Pembelajaran
Daring sudah memenuhi sepuluh standar pembelajaran dan memberikan kepuasan
bagi mahasiswa maupun dosen pengampu. Penelitian ini membuktikan bahwa
penggunaan teknologi pun tak perlu muluk, dengan mengoptimalkan platform yang
sering dipakai dalam keseharian pembelajaran tetap bisa dilaksanakan dengan
efektif.
Kata kunci: standar pembelajaran, Covid-19, Teknologi Pendidikan, Flipped
Classroom


Availability

T1096TP/ts T1096Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T1096
Publisher Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 146+...hlm. ;ilus :30cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this